Pemkab Nunukan Apresiasi Anak Daerah Juara PUSPA Provinsi

oleh
oleh
Kita sudah melihat bersama penghargaan dari Tim Puspa Provinsi Kalimantan Utara untuk peserta kegiatan lomba kreatifitas PUSPA tahun 2020, dan untuk Nunukan yang ikut lomba ada dua kategori yang mendapat juara, kata Muhmmad Amin, Asisten Pemerintahan dan Kesra. Foto: Humas

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Bertempat di ruang kerjanya, mewakili Bupati Nunukan Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin, menerima para Juara Lomba Kreatifitas PUSPA Tingkat Provinsi Tahun 2020, Kamis 18 Februari 2021.

Kendati baru bisa meraih juara harapan 3 dan Juara Harapan 5, namun hal ini patut diapresiasi karena PUSPA (Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) Nunukan ini tergolong masih berusia muda dan dengan waktu yang pendek mempersiapkan diri dalam lomba tersebut.

Dalam kesempatan ini  Muhammad Amin mengaku bersyukur atas prestasi yang telah didapatkan oleh dua organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan dan perlidungan anak di Kabupaten Nunukan ini.

“Alhamdulilah kita sudah melihat bersama penghargaan dari Tim Puspa Provinsi Kalimantan Utara untuk peserta kegiatan lomba kreatifitas PUSPA tahun 2020, dan alhamdulillah untuk kabupaten Nunukan yang ikut lomba ada dua kategori yang mendapat juara,” ujar Amin.

Walaupun baru meraih Juara Harapan 3 dan Harapan 5, Amin berharap agar tidak melihat pada posisi juaranya namun melihat dilihat pada sisi positifnya bahwa  kegiatan ini bisa menjadi penggerak dan memberikan motivasi kepada organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Kita melihat kegiatan ini sangat positif dan dapat dikembangkan dan menjadi harapan bersama bisa berjalan berkesinambungan di Kabupaten Nunukan,” tambah Amin.

Menurut Penjelasan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Nunukan Faridah Ariyani  yang turut hadir mendampingi menyampaikan bahwa Forum Partisipasi Publik Perempuan dan Anak ini terbentuk kurang lebih tiga bulan yang lalu yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat kepada pemerhati perempuan dan anak.

“Mereka bekerjasama dan diprakarsai semua oleh masyarakat, jadi masyarakat akan sadar akan pentingnya perlindungan perempuan dan anak. Forum ini juga untuk meningkatkan kreatifitas perempuan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pemberdayaan ekonomi, peningkatan kualitas keluarga, jadi Forum ini tidak hanya terikat pada kasus kasus saja namun semua program kegiatan untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan juga,” tutur Faridah menjelaskan.

Sementara saat dikonfirmasi, Nurmawati selaku koordinator Pemberdayaan Perempuan bersama Tim PUSPA Kaltara menyampaikan bahwa penyelenggaraan lomba Video Kreatifitas Perempuan Kaltara Tahun 2020 ini dimaksudkan untuk lebih memberdayakan para ibu dan remaja di masa pandemi agar lebih kreatif dan inovatif.

“Materi Lomba ini adalah pemberdayaan ekonomi keluarga, bagaimana para ibu bisa berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi keluarga”, tutur Nurmawati.

Sang Juara Lomba, Richi Sugianto dari PUSPA Nunukan yang berhasil meraih juara Harapan 5 menyampaikan bahwa Kreatifitas yang mereka buat adalah video pembuatan jamu yang diproduksi sendiri oleh PUSPA Nunukan.

“Jamu ini kita produksi sendiri yang berguna untuk meningkatkan imun di masa pandemi, kita lima orang yang ikut dari anggota PUSPA dan semuanya mengambil peran mulai dari penuturan bahan dan alat hingga kegiatan dan proses pakaging untuk jamu puspa nunukan,” ujar Richi menjelaskan.

Selain PUSPA Penekindi Debaya yang meraih juara Harapan 5, dalam lomba Karya Kreatif Perempuan dan Anak yang diselenggarakan PUSPA Benuanta Provinsi Kaltara ini Majelis Taklim Ar Royyan juga meraih juara Harapan 3.

*HUMAS

x

Tinggalkan Balasan