Dinsos Pemprov Kaltara Apresiasi Graduasi dan Outbond KPM-PKH di Sebatik Timur

oleh
oleh
Senin (27/09/2021) telah dilaksanakan kegiatan Graduasi Sejahtera Mandiri dan Outbond bersama keluarga penerima manfaat program keluarga harapan Kecamatan Sebatik Timur. Foto:doc

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com- Bertempat di Balai Pertemuan Umum Pantai Indah Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Senin (27/09/2021) dilaksanakan kegiatan Graduasi Sejahtera Mandiri dan Outbond bersama keluarga penerima manfaat program keluarga harapan Kecamatan Sebatik Timur.

Menurut Kasi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) Januarti Abella Mahdaretha, Program Keluarga Harapan atau PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. (KPM).

“Untuk bisa menerima bantuan PKH setidaknya harus memenuhi tiga kriteria komponen seperti Kriteria komponen kesehatan, kriteria komponen pendidikan, dan kriteria komponen kesejahteraan sosial,” tutur dia.

“Kami juga memberikan penghargaan yang tinggi dan terima kasih untuk pendamping PKH Kec. Sebatik Timur Ibu Herlina dan Bapak Dedy Kamsidi atas keberhasilan mereka dalam membina PKM PKH menuju keluarga sejahtera yang mandiri”  ujarnya kepada media.

Januari menjelaskan, Graduasi Mandiri adalah salah satu kegiatan penting dalam PKH karena ini juga menjadi salah satu indikator keberhasilan PKH dalam pengentasan kemiskinan.

“Memastikan penerima bantuan sosial PKH tepat sasaran, meminimalisir timbulnya kesenjangan sosial dan mewujudkan rasa keadilan sosial,” jelasnya.

Dirinya juga mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan yang dilakukan oleh para pendamping PKH Kecamatan Sebatik Timur dan berharap kegiatan semacam ini terus berlanjut tidak hanya di wilayah kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan saja melainkan di seluruh wilayah Kalimantan Utara

“Saya mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dengan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara Mengucapkan Apresiasi yang tinggi atas kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pendamping PKH Sebatik Timur, dengan harapan kegiatan untuk PKM PKH Graduasi Mandiri ini bisa berjalan setiap tahunnya,” ujar dia

“Ini juga agar dapat membuat semangat baru untuk PKM PKH lain untuk dapat ikut graduasi mandiri tahun depan bukan hanya di Kabupaten Nunukan tapi di seluruh wilayah Kalimantan Utara,” tambahnya.

Graduasi mandiri ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan komitmen dan motivasi KPM agar ke depannya bisa sukses dan bisa graduasi mandiri sejahtera.

Graduasi PKM ini dirangkaikan dengan peresmian AGRI PKH SAKTI (Asosiasi Graduasi Mandiri PKH Sebatik Timur ) dan beberapa rangkaian kegiatan Outbond lomba-lomba untuk memancing semangat para Keluarga Penerima Manfaat PKH

Dari total kurang lebih 300 PKM PKH di Wilayah Kecamatan Sebatik Timur, terdapat 32 KPM PKH yang mengikuti Graduasi  Mandiri dengan rincian 10 KPM berasal dari Desa Sungai Nyamuk, 10 KPM berasal dari Desa Tanjung Aru, 8 KPM berasal dari Desa Bukit Aru Indah, dan 4 KPM berasal dari Desa Tanjung Harapan.

Kegiatan graduasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan Jabbar, Kasi Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Nunukan dan staf, Koordinator PKH Kabupaten Nunukan PPKH Kab. Nunukan Bapak Wahyuddin,  Camat Sebatik Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Sebatik Timur, Kepala Puskesmas Sungai Nyamuk, KUA yang di wakili PAI Sebatik Timur, Pemerintah Desa Tanjung Aru, Pemerintah Desa Sungai Nyamuk. (Yan/KA)

x

Tinggalkan Balasan