Ekspor Perdana, 25 Ton Bandeng Beku Tarakan Dikirim Ke Tionkok

oleh
oleh

TARAKAN, Kaltaraaktual.com– Produk perikanan Tarakan semakin diterima di pasar internasional. Kali ini, sejumlah 25 ton ikan bandeng beku dikirimkan dari Pelabuhan Malundung Kota Tarakan menuju Xiamen, Tiongkok.

Pengiriman salah satu komoditas unggulan Tarakan ini dilepas secara simbolis pada Senin, (04/10/2021) oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, bersama dengan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tarakan, pimpinan PT. Tarakan Fiserindo Sipatuo (TFS) selaku perusahaan pengekspor, dan para pimpinan instansi vertikal lainnya.

Dalam pernyataannya, Wali Kota Tarakan menyampaikan apresiasinya atas dukungan berbagai pihak sehingga pengiriman bandeng beku ikan bandeng perdana oleh PT. TFS dapat terealisasi melalui Pelabuhan Malundung Kota Tarakan.

Pemerintah Kota Tarakan, kata Wali Kota, saat ini terus berupaya agar ekspor langsung dari Kota Tarakan dapat digiatkan. Banyak manfaat yang diperoleh, termasuk mengurangi biaya ekspor, alur yang lebih sederhana, dan juga akan meningkatkan pendapatan daerah dari dana bagi hasil.

Ia pun mengungkapkan, bahwa produk udang, kepiting, dan ikan Tarakan, maupun komoditas lainnya sebenarnya sudah lama mampu menembus pasar internasional namun melalui daerah lain. Padahal, Pelabuhan Tarakan sudah memiliki izin untuk menyelenggarakan ekspor dan impor produk tertentu. Peluang ini harus dimanfaatkan oleh semua pihak agar ekspor dari Kota Tarakan dapat terus meningkat.

“Kita terus dorong agar pengusaha yang ada di Kota Tarakan ini dapat semakin produktif dan bersatu, karena semakin banyak produk yang dikirim, maka akan semakin murah pula biaya pengiriman ke luar negeri,” ujar Wali Kota.

Sumber: Humas Pemkot Tarakan

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan