Alunan Benuanta Jadi Panggung Reuni Pegiat Musik Etnis Kaltara

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com– Masih dalam rangka menyemarakkan HUT ke-9 Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melalui UPT Taman Budaya menggelar acara temu musik se-Kaltara.

Mengangkat tema ‘Alunan Benuanta’, acara ini diselenggarakan di Tribun Lapangan Agathis Tanjung Selor dari tanggal 29 hingga 30 Oktober 2021.

Kepala UPT Taman Budaya Disdikbud Kaltara, Eunike Suppa menyampaikan bahwa selain memeriahkan HUT Kaltara, acara ini diselenggarakan dalam rangka untuk melestarikan budaya Kaltara khususnya dalam hal seni musik dan tari.

“Maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan ruang kepada seniman musik Kaltara untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas seni musik,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala Disdikbud Kaltara, Teguh Henri juga menyampaikan hal serupa. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi para pemusik Kaltara untuk mengekspresikan dan menyalurkan bakat seni di bidang musik.

Ia juga menyampaikan dengan mengusung tema tersebut, kegiatan ini akan menonjolkan musik khas Kaltara yang menunjukkan keberagaman seni dan budaya Bumi Benuanta.

“Akan sangat menarik, karena musik-musik yang ditampilkan adalah musik kolaborasi dan musik etnik kaltara yang menunjukkan keanekaragaman masyarakat Kaltara,” ungkapnya.

Teguh pun turut mengapresiasi para pemusik yang telah turut andil dalam mewarnai perkembangan seni budaya di Kaltara.

Melalui kesempatan ini, ia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melestarikan seni budaya khususnya budaya Kaltara.

“Kiranya semangat pemusik-pemusik daerah terus maju dan berkembang, sehingga semakin banyak karya musik yang hadir dari seniman musik di Kaltara,” pungkas Teguh mengakhiri sambutannya.

Sebagai informasi, acara ini diselenggarakan selama dua hari yang diikuti oleh 104 peserta penggiat seni dari kabupaten/kota se-Kaltara.

Tidak hanya menampilkan pemusik daerah, tetapi juga turut menampilkan para penggiat seni tari daerah Kaltara. (dkisp-kaltara)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan