Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama, Wabup Hanafiah: Pererat Komunikasi

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah menghadiri acara sosialisasi kerukunan umat beragama. Kegiatan yang bertema “Keberagaman Dalam Bingkai Persatuan Indonesia” yang diselenggarakan Kesbangpol Nunukan di kantor camat Sebatik Tengah, Sabtu (30/10).

Wabup Hanafiah menyampaikan kegiatan ini penting dan strategis dalam rangka membangun kabupaten Nunukan yang lebih maju lagi.

“Komunikasi itu penting,  jika tidak ada komunikasi maka akan menimbulkan permasalahan yang besar. Sebagaimana visi Bupati dan Wakil Bupati di awal pemerintahan bagaimana mewujudkan rasa aman, rasa nyaman adil dan sejahtera yang merupakan hal yang menjadi tujuan kami menjadi pimpinan di kabupaten Nunukan ini,” ungkap Hanafiah.

Hanafiah menjelaskan, forum FKUB adalah sarana untuk silaturahmi antar umat beragama dimana meski berbeda dari latar bekakang keyakinan suku dan ras, tetapi masyarakat dapat hidup berdampingan dalam satu wilayah.

Sementara itu ketua FKUB Kabupaten Nunukan, H. Hermansyah mengatakan, kerukunan umat beragama adalah keadaan-keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dasar hukum bagi FKUB selama ini adalah Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No.9/2006 dan No.8/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan FKUB dan Pendirian Rumah Ibadat,” kata H.Herman.

Turut hadir camat sebatik Aris Nur, perwakilan Kemenag Kab. Nunukan H.M. Tahir, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Joko Santosa, Kepala desa di Kecamatan Sebatik Tengah, tokoh agama serta tokoh masyarakat.
(Prokompim/KA)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan