Tumbuhkan Semangat Bela Negara Sejak Usia Sekolah

oleh
oleh

TARAKAN, Kaltaraktual.com– Sebagai bentuk dukungan terhadap program Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan sebuah sosialisasi bela negara.

Yudhi Isnandar sebagai Kepala Sub Bidang Bela Negara dan Karakter Bangsa menjelaskan bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu hal penting yang harus diperkenalkan sejak dini, oleh karena itu perlu adanya penyebarluasan pengetahuan tersebut demi memperbanyak informasi para pendidik di tingkat sekolah menengah.

“Ini programnya BPIP, jadi untuk pelajaran kewarganegaraan atau yang dulu dikenal dengan pendidikan moral pancasila akan dikembalikan hingga ke jenjang perguruan tinggi. Maka dari itu, sekarang kita (Kesbangpol, red) mulai untuk memberi berbagai informasi terkait pelajaran tersebut kepada guru kewarganegaraan di tingkat SMP untuk memperkenalkan pelajaran ini sejak dini,” ujarnya saat diwawancarai di Hotel Diamond, Kamis (4/11).

Sebagai informasi, sosialisasi ini diikuti oleh guru kewarganegaraan se-Kaltara. Beberapa di antaranya yaitu 10 peserta asal Kabupaten Bulungan, 10 dari Kabupaten Nunukan, 5 dari Kabupaten Malinau, 5 dari Kabupaten Tana Tidung, dan 20 guru kewarganegaraan asal Kota Tarakan.

Kegiatan yang mengusung tema Pemantapan Ideologi dan Penguatan Semangat Bela Negara Sebagai Wujud Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini buka oleh Gubernur Zainal A. Paliwang dan dihadiri oleh segenap jajaran Pemerintah Provinsi Kaltara serta Pemerintah Kota Tarakan.
“Saya minta para peserta dapat mengikuti dengan baik sosialisasi ini agar dapat meneruskan semangat bela negara. Ada para narasumber hebat yang punya pengetahuan lebih, mari kita manfaatkan keadaan ini sehingga tenaga serta pikiran yang kita ke luarkan tidak sia-sia,” ujar Gubernur Zainal saat membuka acara tersebut.

“Jadi acara ini jangan hanya seremonial saja, begitu selesai langsung masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Saya tidak mau itu, harapannya saudara dapat mendengarkan dan memahami dengan baik informasi-informasi yang disampaikan nanti,” tambahnya.

Melihat hal ini, Khairul selaku Walikota Tarakan yang diwakili oleh Effendy Djuprianto sebagai Wakil Walikota Tarakan memberi banyak apresiasi terhadap keseriusan Kesbangpol Kaltara dalam mengembalikan semangat bela negara melalui sosialisasi tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi berlangsungnya acara bela negara ini, Pemerintah Kota Tarakan menitip harapan agar sosialisasi dapat memberikan pemahaman terhadap ideologi semangat bela negara pada peserta sosialisasi yang mengikuti kegiatan. Saya minta agar komunikasi antara peserta dengan narasumber dapat menambah pemahaman,” pungkasnya.(saq/dkispkaltara)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan