Hari Pahlawan, Wagub Yansen: Hari Ini Adalah Legacy Dari Semangat Kepahlawanan

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com– Peringati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Yansen TP didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltara Suriansyah beserta jajaran menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan secara virtual.

Upacara yang dilangsungkan setiap tahun untuk mengenang jasa para pahlawan nasional ini berlangsung khidmat. Hadir secara virtual dari Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selaku Inspektur Upacara bersama dengan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin.

Mengangkat tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’ yang mempunyai makna menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini yang punya tingkat kepedulian tinggi terhadap sesama. Terutama dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang, masyarakat perlu saling bahu-membahu untuk terus menjaga diri seperti menerapkan protokol kesehatan.

Dijumpai setelah acara peringatan Hari Pahlawan, Wagub Yansen mengatakan bahwa negara ini berdiri karena ada semangat juang pahlawan terdahulu demi menjadi bangsa yang merdeka. Dari perjuangan itu melahirkan semangat heroisme yang luar biasa.

“Nah bagaimana kita menikmati sekarang ini tidak lain adalah legacy (warisan, red) dari semangat kepahlawanan itu,” katanya usai mengikuti peringatan Hari Pahlawan di Ruang Serbaguna Gedung Gabungan Dinas, Rabu (10/11).

Menurutnya saat ini kita memiliki semangat juang yang tentu berbeda. Jika pahlawan bangsa dulu berjuang dengan senjata, maka saat ini kita berjuang dengan teknologi. Pendekatan tradisional seperti perang sudah tidak seefektif dulu, saat ini siapa yang menguasai teknologi akan menguasai dunia.

“Saya kira anak bangsa saat ini harus punya semangat berjuang dalam menghadapi tantangan, seperti di saat pandemi bagaimana berjuang agar tetap sehat dan secara ekonomi tetap baik,” ujar mantan Bupati Malinau dua periode ini.

Wagub Yansen berpesan kepada seluruh masyarakat Bumi Benuanta untuk selalu menjiwai semangat, menjaga dan memelihara keutuhan bangsa kita. Agar negara ini tetap kokoh, terhindar dari hal-hal yang dapat meruntuhkan kedaulatan negara Indonesia tercinta.

“Mari semua kita sadari bahwa kemajuan dari sebuah daerah itu tergantung bagaimana sikap semangat juang dari sebuah masyarakat untuk maju disetiap sektor yang digeluti,” pungkasnya. (el.r/dkispkaltara)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan