Hari Pahlawan, Wabup Hanafiah: Jadikan Tantangan Sebagai Kekuatan

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Republik Indonesia bertepatan pada 10 November 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan menggelar upacara di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jaya Sakti, Rabu (10/11/2021).

Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke – 76 dengan mengangkat tema “Pahlawanku Inspirasiku”, turut dihadiri Unsur Forkopimda, Kepala OPD dan Veteran Nunukan.

Pelaksanaan upacara peringatan hari pahlawan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan membela negara. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur upacara dan peletakan karangan bunga.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Jabbar, menyampaikan pesan-pesan pahlawan yang bunyinya “berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” (Soekarno). “Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi”(Supriyadi).

H. Hanafiah mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat kabupaten nunukan dapat mengambil hikmah atas momentum 10 November memperingati hari pahlawan. Masyarakat juga sangat berperan penting dalam mendorong semangat bela negara, menghormati para pejuang, serta memberikan kontribusi nyata dalam rangka pembangunan daerah sesuai dengan fungsi masing-masing.

“kontribusi dari masyarakat sudah cukup baik. Namun, perlu ditingkatkan lagi terutama di bidang Sumber daya Manusia (SDM). Untuk masyarakat juga dihimbau agar anak – anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa diharapkan terus melanjutkan pendidikan,” ujarnya.

Hanafiah yang juga mantan birokrat tulen ini mengajak masyarakat nunukanĀ  untuk membangun kabupaten nunukan agar bisa jauh lebih baik lagi kedepannya. Para pahlawan telah berjuang membela negara hingga titisan darah dan keringat menghadapi perjuangan yang sangat keras. Seperti halnya keberadaan kita di wilayah perbatasan tentunya banyak tantangan, namun jadikan tantangan itu sebagai kekuatan.

Upacara diakhiri dengan tabur bunga oleh wakil bupati nunukan diikuti seluruh tamu undangan dan foto bersama. (*hm/md)

x

Tinggalkan Balasan