Buka Pelatihan Tata Rias Pengantin, Serfianus: Pemkab Dukung Bisnis Jasa Pernikahan

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid yang diwakili Sekretaris Daerah Serfianus, hadiri acara pembukaan kursus tata rias pengantin program pendidikan kecakapan kerja (PKK) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh lembaga kursus dan pelatihan Roby perbatasan. Acara ini digelar di Paras Perbatasan, Jl. Lingkar, Kamis (25/11/21).

Mewakili Bupati Nunukan, Sekda Serfianus mengatakan di kota-kota besar keberadaan event organizer yang secara khusus menangani prosesi pernikahan telah menjadi bisnis yang menjanjikan.

“Bisnis ini perlahan harus ditata dengan baik, hadirnya tata rias pernikahan itu adalah kebutuhan dan tantangan tersendiri, tentunya melalui event organizer adalah jasa yang bisa saja menguntungkan,” ujar Serfianus.

Mindset di masyarakat saat ini memandang pernikahan sebagai sesuatu yang sakral dan istimewa sehingga harus ditata sebaik mungkin karena akan menjadi kenang-kenangan sepanjang hidupnya.

“Para pengantin ingin tampil secantik dan segagah mungkin, agar ketika difoto atau divideokan hasilnya menjadi sempurna. Untuk memenuhi kebutuhan dasar pengantin makanya dibutuhkan para penata rias yang ahli dan profesional,” lanjutnya.

Namun para penata rias tersebut haruslah bisa memenuhi ekspektasi dan tuntutan dari para kliennya, karena dizaman sekarang model dan gaya tata rias pengantin terus mengalami perkembangan.

Sekda Nunukan, Serfianus.

Pemkab Nunukan menyambut baik pelatihan tata rias pengantin. Semoga melalui pelatihan ini masyarakat yang memiliki minat untuk terjun dalam bisnis tata rias pengantin bisa belajar dan menimba ilmu yang dibutuhkan.

Sementara itu Harcungcung, selaku ketua panitia kegiatan ini  menjelaskan tujuan dari pelatihan yg diselenggarakannya ini adalah untuk mengembangkan skill dan bakat yang ada bagi perempuan.

“Karena kita pemerataan untuk daerah di Kab. Nunukan sehingga kompetensi atau skill yang dimiliki masyarakat perbatasan khususnya di Kab. Nunukan ini bisa tersentuh”, ujarnya.

Harcuncung juga mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan kompetensi masyarakat Kalimantan Utara khususnya wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan, lembaga kursus dan pelatihan Roby Perbatasan hadir dalam melayani masyarakat khususnya bagi perempuan dalam bidang peningkatan skill/keterampilan dibidang kecantikan yaitu kursus tata rias pengantin, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan di wilayah provinsi Kalimantan Utara.

Dirinya menegaskan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat kursus dan pelatihan Kemendikbud memberikan kepercayaan kepada LKP Roby Perbatasan dalam menyelenggarakan program pendidikan kecakapan kerja (PKK) tahun 2021 sehingga dapat bekerja baik di dunia industri maupun di dunia usaha.

Sedangkan sasaran peserta pada Kursus kali ini berusia 17 s/d 25 tahun yang berasal dari Nunukan, Sei Menggaris, dan Lumbis.  Dengan memakan waktu  25 hari, kursus ini dilaksanakan di dua tempat di antaranya di sanggar kegiatan belajar (SKB) Nunukan dan di PKBM Sei Menggaris yang terdiri dari 2 rombel (Rombongan Belajar). Kegiatan ini bersumber dari APBN direktorat kursus dan pelatihan Kemendikbud.
(Prokompim/KA)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan