Serius Tindaklanjuti Hasil Rakernas, TP-PKK Pusat Puji Gerak Cepat Rachmawati-Ping

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com– Memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-49, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalimantan Utara (Kaltara) serius menindaklanjuti hasil rakernas yang memuat rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024. Rapat kerja daerah (Rakerda) mengusung tema penguatan kapasitas kader PKK dan program PKK sebagai pelopor keluarga sejahtera untuk mewujudkan Kaltara Berubah, Maju dan Sejahtera. Ketua TP-PKK Kaltara, Rachmawati Zainal dalam sambutannya berharap agar forum rapat kerja memiliki nilai manfaat yang besar bagi perkembangan dan kemajuan gerakan PKK, yang dimotori oleh PKK kabupaten/kota, berkolaborasi dengan berbagai lembaga dan instansi, sebagai pembina dan mitra kerja, Jumaat (17/12).

“Rakerda adalah agenda rutin setiap lima tahun, bertujuan untuk mendapatkan persepsi dan pemahaman yang sama mengenai rencana program dan kegiatan nasional. Rakerda merupakan pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, yang akan dapat terwujud jika kesejahteraan keluarga dapat dicapai dengan baik.  upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui program pemberdayaan terus dilakukan,” ucap Rachma dalam sambutannya.

Dengan tema nasional “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju” menempatkan bahwasanya PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai obyek atau sasaran program pemerintah, namun sebagai gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Pelaksanaan pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan “Indonesia Maju” menegaskan bahwa keterkaitan program dan kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah, harus bersinergi antara prioritas program nasional dan daerah.

“Rapat kerja TP-PKK se Provinsi Kaltara ini bertujuan untuk merumuskan dan mengesahkan program kerja yang akan kita laksanakan selama satu periode dan untuk menindaklanjuti hasil rapat kerja nasional tahun 2021,” jelasnya

Rachmawati mengungkapkan terimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam mendukung kiprah TP-PKK Kaltara selama ini.

“Terimakasih bapak Gubernur beserta jajaran yang telah memperhatikan dan memberikan bantuan kepada tim penggerak PKK Kaltara dalam perannya sebagai mitra pemerintah mewujudkan Kaltara Berubah, Maju dan Sejahtera,” tuturnya

Rachma berharap dukungan terus diberikan Pemprov dalam upaya pencapaian 4 dari 7 agenda pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2023, yang menjadi ruang lingkup gerakan PKK, yaitu ketahanan ekonomi, revolusi mental, memperkuat pelayanan dasar dan lingkungan hidup.

“Kepada seluruh jajaran tim penggerak Kaltara, kabupaten/kota, kecamatan serta desa/kelurahan yang ada di Kaltara kami menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasamanya yang baik dan dukungan yang diberikan. Akhirnya saya sampaikan selamat mengikuti rakerda, semoga dengan pelaksanaan rakerda ini akansemakin meningkatkan profesionalisme, kemampuan dalam pengelolaan PKK yang akan meningkatkan kualitas kerja tim penggerak PKK Kaltara,” tutupnya.

Suwadiono Winardi Staff Ahli Pemberdayaan Masayarakat sekaligus mewakili TP-PKK pusat yang hadir pada kesempatan tersebut mengaku terkesan oleh rakerda PKK era Rachmawati Zainal dan Ping Yansen, di mana hampir seluruh Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota hadir dan bertahan hingga malam hari mengikuti rakerda sebagai pertanda komunikasi TP-PKK terjalin baik antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Bisa menjalin kerjasama dengan PKK se-Provinsi Kaltara. Sekian kali saya hadir disini baru kali ini relative lengkap dihadiri langsung oleh Ketua PKK daerah. Biasanya hanya seremonial, tapi ini Ketua PKK Kabupaten kota intens ikut di sini,” Kesan Suwadiono.

Membangun hubungan kerja dengan PKK dari akar rumput jadi keunggulan tersendiri PKK Kaltara saat ini kemudian dirinya menyoroti kegiatan TP-PKK Kaltara yang saat ini rajin mengunjungi lokasi-lokasi terisolir.

“Jauh dari jangkauan transportasi beliau masuk, padahal baru sebelas bulan (menjabat). Sangat responsif sekali. Saya senang dan sangat mengapresiasi sekali seperti rapat kerja saat ini sampai malam dan relative masih lengkap ini luar biasa,” tambahnya.

Terakhir Suwadiono menyebut pola kepemimpinan Ketua TP-PKK Kaltara, Rachmawati Zainal mirip dengan Ketua TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

“Gerak cepat dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Seperti tadi beliau menyampaikan keprihatinan beliau terhadap masyarakat yang tidak tersentuh pendidikan atau buta huruf itu menunjukan humanisnya beliau,” pungkas pensiunan ASN Kemendagri ini. (CHAI/DKISPKaltara)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan