Syukuran HAB ke-76, Gubernur Zainal: Maknai Transformasi Layanan Umat

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com
Rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia ke-76, Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar syukuran,bertempat Gedung Wanita, Rabu (5/1).

Dalam sambutannya Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang melalui Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kaltara, Haerumuddin meminta Kemenag mempertahankan pelayanan prima dan terus berinovasi dalam melayani masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih pada seluruh aparatur sipil negara kementrian agama, yang sudah bekerja keras mempertahankan serta meningkatkan kinerja dan prestasinya. Terima kasih telah mengabdi dengan tulus dan menjaga harkat dan martabat kinerja kementrian agama terutama di wilayah Kaltara,” ucapnya.

Menurut gubernur peran Kemenag sangat vital dalam mewadahi kepentingan umat beragama di Kaltara yang begitu majemuk.

“Kementrian Agama telah hadir sebagai payung hukum bagi semua unsur semua umat beragama yang ada di Kaltara dan telah memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dan saya berharap terus dipertahankan diikuti dengan inovasi-inovasi dalam pelayanannya,” tambahnya

Kemenag juga berhasil merajut kerukunan antar umat beragama di Kaltara dengan menjalin hubungan baik dengan tokoh agama dan masyarakat serta berbagai organisasi masyarakat.

“Saya berharap saudara-saudara dapat berkomitmen dan konsisten untuk men-siarkan kepada masyarakat kehidupan yang rukun antar umat beragama serta menjaga kondusivitas umat seperti saat ini,” pesan Gubernur Zainal.

Kalimantan Utara yang dikenal selama ini sangat kaya akan keberagaman suku dan agamanya sangat tergambarkan dengan letak rumah ibadah antar umat yang berdekatan satu dan lainnya. Selain itu Kaltara juga berhasil masuk dalam jajaran penerima Penghargaan Harmoni dari Kemenag RI 2021 lalu yang menunjukan kualitas baik kerukunan umat beragama di Provinsi beranda NKRI ini.

“Selama ini masyarakat Kaltara sangat menghargai dan menjunjung tinggi perbedaan, ini terlihat dari letak rumah ibadah antar kepercayaan yang sangat berdekatan. Kaltara juga berhasil meraih Harmoni Award 2020 oleh Kemenag,” tambahnya lagi.

Menghakhiri sambutannya Gubernur Zainal, meminta semua pihak memiliki pikiran yang sama untuk tidak menjadikan perbedaan suku, adat, dan agama sebagai penghambat.

“Justru perbedaan menjadikan pondasi menuju Kaltara, Berubah, Maju dan Sejahtera. Sekali lagi saya ucapkan selamat hari amal bakti ke-76 Kemenag tahun 2022, kita maknai mendalam guna mewujudkan “Transformasi Layanan Umat,” tutup Haerumuddin menutup sambutan Gubernur Kaltara disambut tepuk tangan peserta syukuran HAB yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kaltara.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Saifi dalam sambutannya berterima kasih atas dukungan Pemprov Kaltara dalam mendukung kinerja Kemenag Kaltara.

“Bersyukur kita di usia muda Kaltara, kita mampu bersaing dengan provinsi-provinsi lain. Bahkan index kerukunan hidup beragama terus meningkat dibandingkan 34 provinsi lain secara nasional. Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemprov Kaltara yang selama ini luar biasa banyak memberikan bantuan pada keluarga besar Kemenag Kaltara dalam setiap acara,” pungkas Saifi. (CHAI/DKISPKaltara)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan