Peringati Hari Lahir Pancasila, KNPI Nunukan Gelar Dialog Kebangsaan

oleh
oleh
KNPI Nunukan menggelar dialog kebangsaan yang dipusatkan di Taman Baca Adil, Halaman Kantor Perpustakaan Nunukan pada Rabu, (01/06/22). Foto: KNPI Nunukan Center

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Rangkaian memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nunukan menggelar dialog kebangsaan yang dipusatkan di Taman Baca Adil, Halaman Kantor Perpustakaan Nunukan pada Rabu, (01/06/22).

Ketua DPD KNPI Nunukan, Anna Bela Morizcha melalui Wakil Ketua Bidang Pembinaan Ideologi  Pancasila dan Penanggulangan Terorisme, Muh. Rajab mengatakan, Dialog Kebangsaan Peringatan Hari Lahir Pancasila mengangkat tema nasional, Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

“Tidak hanya itu, berbagai elemen masyarakat turut andil melaksanakan kegiatan yang mengingatkan kembali pentingnya memahami dan mengamalkan nilai – nilai pancasila,” ujar Rajab.

Dialog kebangsaan diisi oleh nara sumber, Pasiter Kodim 0911 Nunukan, Capt. Infantri Muhajir dan Tokoh Akademisi Nunukan Asnawi yang juga pernah menjabat sebagai ketua KNPI Nunukan periode 2012 -2015.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0911 Nunukan melalui Pasiter Kodim, Capt. Infantri Muhajir mengatakan, untuk mengamalkan nilai – nilai pancasila tentunya harus dimulai terlebih dahulu dalam lingkup keluarga, untuk dapat memahami secara utuh pentingnya memahami nilai pancasila.

“Yang pertama dari lingkup keluarga dulu peranan orangtua, yang kedua peran di sekolah dalam hal ini guru yang setiap hari mendampingi anak sekolah, yang ketiga tokoh – tokoh agama, saya kira itu yang lebih mendasar” Ujar Capt.Infantri Muhajir.

Sementara itu, Tokoh Akademisi Nunukan, Asnawi yang turut menjadi narasumber dalam dialog kebangsaan menilai tema Hari lAhir Pancasila tahun 2022 yaitu Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia bertujuan untuk memberikan semangat motivasi bangsa Indonesia agar kaum muda mempelopori peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Dalam konsep profil pelajar pancasila, keunggulan itu terbagi dua diantaranya unggul dalam peningkatan SDM terhadap negara lain dan unggul dalam artian berkarakter, dua konsep inilah yang senantiasa harus kita gali dan apa yang sesungguhnya dikatakan insan pancasila” terangnya.

Hadir pula dalam acara tersebut berbagai organisasi kepemudaan dan komunitas pemuda kabupaten Nunukan. (KNPINNKCenter)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan