Bersaing dengan Puluhan Kab/Kota, Nunukan Terpilih Ikuti Smart City 2023

oleh
oleh
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid. Foto: Ist

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Pemerintah Kabupaten Nunukan terpilih mengikuti Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023, dimana program ini digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid saat dihubungi via seluler, Jumat, (10/06/22) merasa bersyukur atas terpilihnya kabupaten Nunukan untuk mengikuti program dari Kementerian Kominfo RI ini.

“Saya merasa bangga dan terharu. Tidak gampang bersaing dengan ratusan kabupaten kota se-Indonesia. Alhamdulillah Kabupaten Nunukan berada di nomor 25,” kata Laura.

Laura mengatakan, Kabupaten Nunukan terpilih menjadi salah satu peserta Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023 dari puluhan kabupaten/kota, karena Pemkab Nunukan berkomitmen untuk mengembangkan kota cerdas yang berupaya membangun teknologi informasi komunikasi untuk bisa melayani masyarakat secara menyeluruh.

“Meskipun secara infrastruktur belum begitu mumpuni, tapi kami telah memulainya.  kunci utamanya adalah berpikir digital dan kolaborasi aktif agar pelayanan publik bisa dipercepat aksesnya,”  ucap Laura.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Nunukan Kaharuddin menjelaskan, mengenai asesmen, dirinya bersama jajaran memang mempersiapkan semua persyaratan hingga menjalani semua tahapan dengan sungguh-sungguh.

“Jadi memang dari asessment kemarin itu, semua tahapan, semua persyaratan memang dipersiapkan secara matang dan maksimal serta sungguh-sungguh. Dan alhamdulillah apa yang kita impikan selama ini membuahkan hasil. Nunukan ini memang harus masuk dalam program kota cerdas tersebut,” ujar Kahar (10/06/22).

Kahar menambahkan, sebelumnya kabupaten Nunukan bersaing dengan 70 Kabupaten/Kota untuk melakukan asessment dari tahapan pertama dan kedua, asesmen dilakukan secara daring yang menilai aplikasi program, merawat aplikasi yang berkaitan dengan infrastruktur, program E-goverment hingga sarana dan prasarana, yang berkesimpulan pada membangun sistem aplikasi elektronik, dari 70 daerah terpilih 47 kabupaten/kota oleh Kementerian Kominfo RI.

“Kami melibatkan tim ahli IT, melalui tanya jawab, laporan berjenjang dan survey penentuan, sehingga Kabupaten Nunukan berhasil terpilih menjadi salah satu Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City),” terang Kahar.

Menurut Kadis Kominfotik Nunukan, selain karena kinerja OPD, ini juga merupakan Komitmen Kepala Daerah (Bupati Nunukan) Hj Asmin Laura Hafid yang selalu hadir mendorong perangkat daerah untuk bekerja maksimal.

Smart City merupakan hasil seleksi asessment diantara ratusan kabupaten kota di Indonesia yang dilakukan Kominfo RI. Pada dasarnya Teknologi bukan semata-mata milik orang kota, namun teknologi saat ini juga dapat diakses di pedesaan, Dengan begitu dapat meningkatkan produktivitas daerah dan daya saing ekonomi.

Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah. (KA)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan