Wabup Hanafiah Ikut Panen Perdana Ikan Bandeng di Tambak Latih SMKN 1 Nunukan

oleh
oleh
Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah ikut panen perdana ikan bandeng di Tambah Latih SMKN 1 Nunukan. Foto:doc

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah memanen Ikan Bandeng dengan menggunakan jala untuk pertama kalinya di tambak Latih yang di kelola SMK Negeri 1 Nunukan bidang Agribisnis Perikanan, Sabtu (25/06/22).

Sebelum memanen ikan, Wabup Hanafiah merespon permintaan Kepala Sekolah SMKN 1 Nunukan Dra. Najmah tentang perluasan pinjam pakai lahan atau menjadi hibah yang sejak 2016 lalu telah diberikan oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid guna dipergunakan SMKN Nunukan sebagai tempat praktek.

“Saya kira tidak ada masalah, nanti kita respon setelah ada permintaan bersurat, yang seyogyanya dari Provinsi karena SMKN itu dikelola oleh Provinsi, bukan dibawah Bupati, jadi semua permintaan bisa saja di lakukan, apalagi untuk kemajuan anak Nunukan juga nantinya”, jawab H. Hanafiah.

Kemudian H. Hanafiah juga menyampaikan tentang wadah atau tempat pemasaran produk hasil dari kerajinan tangan para anak didik SMK Negeri Nunukan.

” Kita memiliki etalase yang ada di Tanah Merah, bangunan sangat elok, walaupun pernah mati suri beberapa tahun, sekarang sudah mulai dibina lagi, kita kolaborasi saja. Saya pikir bukan hanya SMK, seluruh lapisan masyarakat yang memiliki produk yang ingin dipasarkan bisa memanfaatkan itu, tidak tertutup”, jelas Wabup H. Hanafiah.

Tentang pertanyaan oleh oleh khas apa yang bisa dibawa dari Kabupaten Nunukan, H. Hanafiah mengajak semua pihak untuk bersama sama menjawabnya.

” Mari kita jawab sama-sama, apa produk kita, jangan hanya Milo dan kangguru, itu bukan ciri khas, kita hanya sebagai marketing saja itu. Jadi ke depan kalau ada produk unggulan SMK yang bersifat baik dan itu bisa kontinyu bisa diproduksi dan pasarkan, boleh melalui etalase yang sudah dibangun itu, semua masyarakat boleh pakai”, bebernya.

Lebih jauh, H. Hanafiah sapaan akrabnya mengatakan bahwa adanya bangunan itu di bangun oleh pemerintah karena dahulu semangatnya apabila ada tamu dari luar bisa diajak untuk menikmati berbagai keindahan kerajinan tangan.

” Alhamdulillah untuk sekarang sudah ada batik khasnya Kabupaten Nunukan yang dimotori oleh Dinas Pariwisata, untuk itu saya persilahkan untuk ibu ibu yang ada kerajinan lain silahkan dipasarkan disana melalui Dinas Perdagangan koordinasinya,” lanjut H. Hanafiah.

Selain itu, H. Hanafiah berharap dengan dilaksanakannya panen perdana bandeng di SMKN 1 Nunukan ini bisa menjadi inspirasi bagi SMK – SMK lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Nunukan untuk mengembangkan dan memberikan pembinaan bagi siswa siswinya. (Prokompim)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan