Hadiri Mubes Dayak Kayan, Wagub Ajak Jaga dan Lestarikan Budaya yang Diwariskan

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com– Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Dr Yansen TP, MSi menghadiri Musyawarah Besar (Mubes) ke-3 Tahun 2022 Persatuan Dayak Kayan Kaltim-Kaltara pada Rabu (29/6/2022). Acara yang berlangsung di Desa Pura Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan ini, diharapkan dapat meningkatkan tali persaudaraan dan persatuan masyarakat Dayak Kayan.

Wagub, yang juga selaku Dewan Penasehat Persatuan Dayak Kayan Kaltim-Kaltara itu, mengapresiasi atas terlaksananya Mubes ke-3 Persatuan Dayak Kayan ini. Menurutnya, suku Dayak Kayan merupakan salah satu pelaku sejarah, hal ini terlihat dari pemberian nama pada Sungai Kayan.

“Budaya Dayak Kayan harus diwariskan, gali dan jaga budaya itu jangan sampai hilang. Jangan sampai, masih ada orang Dayak Kayan tidak tahu sejarahnya,” terang Wagub.

Wagub juga turut mengajak para pemuda Dayak Kayan agar ikut serta dalam membangun negeri tanpa mengenyampingkan kebudayaan. Ia yakin, Dayak Kayan dapat memberi warna pada Indonesia melalui persatuan dan perbedaan budaya.

“Kita Dayak Kayan harus hadir sebagai bagian dari suku bangsa di Indonesia. Suku itu tidak melihat perbedaan pangkat dan jabatan. Mulai dari sekarang di mana pun kita berada, tunjukkan citra baik suku kita,” ujar Wagub.

Sementara Tanirang, selaku Perwakilan Persatuan Dayak Kayan Kaltim-Kaltara mengungkapkan bahwa Mubes ke-3 yang berlangsung sejak 28 hingga 30 Juni 2022 mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Ia pun berharap ini dapat dijadikan momentum bagi Pemuda Dayak Kayan dalam mendapatkan masukan dan saran dari tokoh-tokoh adat. (dkisp)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan