Mengabdi Tanpa Batas, Bupati Nunukan Peringati Hari Pramuka ke-61 di Pulau Sebatik

oleh
oleh
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid saat menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-61 di Pulau Sebatik. Foto: prokompim

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid bertindak sebagai Pembina Upacara dan membacakan teks pidato Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Nasional Indonesia, Kak Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso, pada Upacara Hari Pramuka Tingkat Kabupaten Nunukan Ke – 61  dan penutupan Jambore Ranting Pulau Sebatik Tahun 2022 yang digelar di halaman SMKN 1 Sebatik Barat, Selasa (30/8/2022)

Apel Besar Gerakan Pramuka yang biasanya setiap tahun diperingati dan dilaksanakan  tanggal 14 Agustus di tingkat Kabupaten, tahun ini dimundurkan mengingat pada tanggal itu, hampir semua Kwartir Cabang akan berkumpul di Bumi Perkemahan Cibubur untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka secara Nasional yang dirangkaikan dengan pembukaan Jambore Nasional ke-11 tahun 2022.

Turut hadir dalam acara ini di deretan  undangan, Wakil Bupati Nunukan yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Nunukan H. Hanafiah, Unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait, perwakilan pramuka Malaysia, para Asisten, Anggota DPRD Nunukan, Unsur Pimpinan Kwarcab Nunukan, Ketua Kwaran Se – Pulau Sebatik, Ketua Pusdiklatcab, Andalan Cabang Gerakan Pramuka Nunukan,  Pelatih dan Pembina Pramuka, para kepala sekolah, SD, SMP dan SMA.

Dalam Teks pidato sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia Komjen Pol (Purn) Budi Waseso yang dibacakan oleh Bupati Laura, menyampaikan bahwa tepat tanggal 14 Agustus 2022, segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana genap berusia 61 tahun.

Juga memperingati 110 Tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang ada sejak Tahun 1912.

“Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan Nasional tahun ini adalah- Mengabdi Tanpa Batas Membangun Ketangguhan Bangsa,” ucap Laura.

Sedangkan tema ini menunjukkan tekad Pramuka untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.”Pengabdian kita lakukan bagian dari pendidikan di Gerakan Pramuka, sejak  Siaga, adik-adik telah dididik memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” ucap Laura.

Lebih lanjut Laura menyampaikan, pengabdian yang dilakukan seseorang adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka dan semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan seorang Pramuka.

“Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan kode kehormatan kita yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga serta Trisatya dan Dasa Dharma untuk golongan pramuka lainnya dan Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah di didik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan, hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita,” harapnya.

Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 ini, Kwartir Nasional menyelenggarakan Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Buperta Cibubur, 14 Agustus hingga 21 Agustus 2022 yang diikuti kontingen dari seluruh Indonesia Gugus Depan berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri, dan dari  berbagai Pandu Negara Sahabat.

Tidak ketinggalan Kwarcab Nunukan juga mengirimkan kontingen yang telah menoreh prestasi yang luar biasa di ajang jambore Nasional, dapat bersaing dengan Pramuka – Pramuka dari seluruh Indonesia dan ini tentunya sangat mengapresiasi kepada jajaran pengurus kwarcab Nunukan yang telah bekerja keras sehingga dapat mengirimkan kontingen yang luar biasa.

Peringatan Hari Pramuka kali ini di rangkaikan dengan penutupan Jambore Ranting Pulau Sebatik yang telah berlangsung sejak tanggal 27 Agustus dengan peserta jambore berjumlah 306 orang dari Pramuka penggalang yang berasal dari SD/MI dan SMP/MTs se-pulau Sebatik dan juga dilaksanakan Penyematan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka, Penyematan Tanda Pramuka Garuda, Penyematan Tanda Ikut Serta Kegiatan Jambore Nasional XI Tahun 2022, Penyerahan Bantuan Dana Kegiatan Kepada Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Se – Kabupaten Nunukan dan Penyerahan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Pemenang Sayembara Logo Jambore Ranting Pulau Sebatik Tahun 2022. (Mul/Mar/Tus/prokompim)

x

Tinggalkan Balasan