Bawaslu Nunukan: Jangan Ada Politik Praktis di Tempat Ibadah dan Pendidikan

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nunukan bertempat di Kedai Kopi Kael menggelar Media Gathering dengan tema ‘Peran Startegis Media dalam Mendukung Efektivitas Pengawasan Pasca Penetapan Partai Politik’ pada Kamis, (15/12/22).

Ketua Bawaslu Nunukan Moh Yusran mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih akan mengkomunikasikan terkait jadwal pengawasan Partai Politik pada pemilu 2024.

“Belum bisa mengkategorikan akitivitas partai politik yang melanggar atau curi start karena belum masuk masa kampanye,” kata Yusran.

Yusran menghimbau untuk pengurus partai politik, walaupun belum ada aturan resmi perihal pengawasan,  perlu agar parpol tidak menggunkan tempat ibadah sebagai alat politik praktis.

“Kita akan komunikasi, belum ada aturan yang mengatur itu. Intinya tempat ibadah dan pendidikan ruang bebas masyarakat yang dilindungi, bukan tempat kampanye atau sosialisasi parpol.  Makanya harus bersih dari politik praktis,” sarannya.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa Bawaslu Nunukan akan melakukan perekrutan pengawas pemilu tingkat desa namun masih terjadi kendala peminat pendaftar. Yakni soal jumlah peminat karena ada batasan usia tertentu yang kadang mempengaruhi jumlah peminat pendaftaran, namun saat ini ada kelonggaran usia ketika peminat yang minim untuk mendaftar.

“Kita akan buka pendaftaran pengawas pemilu tingkat Desa di bulan 1 tahun 2023. Ini sesuai dengan undang-undang nomor 7 tahun 2017. Usia juga akan diturunkan dari 25 tahun menjadi 21-17. Artinya bisa dilakukan ketika ada diskresi atau tidak ada pendaftaran diusia tersebut,” jelas Yusran.

Berikut daftar lengkap Partai Politik peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut sesuai ketetapan KPU:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
2. Partai Gerindra
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
4. Partai Golkar
5. Partai Nasdem
6. Partai Buruh
7. Partai Gelora
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
10. Partai Hanura
11. Partai Garuda
12. Partai Amanat Nasional (PAN)
13. Partai Bulan Bintang
14. Partai Demokrat
15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
16. Perindo
17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (KA)

x

Tinggalkan Balasan