Dinas UMKM Perdagangan Gelar Sosialisasi Tingkatkan Keterampilan UMKM Pelaku Usaha di Nunukan

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bersama Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Nunukan  menggelar sosialisasi  Pembiayaan  Bagi Pelaku UMKM yang diikuti oleh 35 orang  peserta dari para pelaku UMKM yang ada di Nunukan yang berlangsung di  Ballroom Neo Fortune Hotel Nunukan, Kamis (6/7/23).

Ini dilakukan dalam upaya peningkatan pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Nunukan yang terus digenjot demi peningkatan perekonomian.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM  Mohtari yang dalam kesempatan ini mewakili Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kaltara menyampaikan bahwa  kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan-kegiatan yang pernah dilaksanakan di tahun sebelumnya.

“Ini untuk memberikan tambahan bekal dan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya,” ucapnya.

Mohtari mengatakan, umumnya masalah yang dihadapi oleh para pelaku usaha khususnya UMKM adalah permodalan. 

“Untuk itu diharapkan dengan adanya kegiatan ini para pelaku usaha  mendapatkan informasi dan mengetahui  sumber atau program – program pembiayaan yang disalurkan oleh pemerintah dan bagaimana cara untuk mendapatkan tambahan modal dalam meningkatkan usaha dengan bunga yang rendah,” katanya.

Selain memberikan informasi  terkait program pembiayaan pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam kesempatan ini juga disampaikan informasi terkait pemasaran produk – produk UMKM secara online melalui E-Katalog dan cara mengurus Nomor Induk Berusaha.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, dengan narasumber dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Atap Kabupaten Nunukan, Bagian Barang dan Jasa Setda Nunukan, BRI, BNI, Bankaltimtara dan Pegadaian Nunukan Yuliana, Tim Publikasi SIMP4TIK Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan. (yln/bn/*hm/*red)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan