Gubernur Dorong Pembentukan Desa Industri di Kaltara

oleh
oleh

JAKARTA, Kaltaraaktual.com – Salah satu program dari Asperindo adalah membangun desa atau kampung industri. Menurut Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum, hal ini sangat positif karena setiap provinsi dapat memiliki desa industri yang berfokus pada sektor tertentu.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kaltara saat menjadi narasumber pada Seminar Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) 2023 di Hotel Millennium Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9).

Seminar ini mengusung tema “Penguatan Peran Pengusaha Pribumi dalam Ekosistem Usaha Nasional” dan dihadiri oleh 33 perwakilan dari 38 provinsi.

Menjadi narasumber, Gubernur Kaltara membahas peran Asperindo dalam sinergi dengan Pemerintah Daerah dalam perekonomian dan pembangunan regional di Indonesia.

“Misalnya, industri motor listrik atau sepeda listrik dapat dibangun di satu provinsi, sementara provinsi tetangga dapat fokus pada pembuatan aki, dan provinsi lainnya mungkin memproduksi komponen seperti kerangka atau rantai. Ini dapat berkontribusi signifikan dalam memajukan ekonomi masyarakat di provinsi yang sedang dibina,” ucap Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang.

Zainal Paliwang mengungkapkan keinginannya dalam waktu dekat bersama Asperindo untuk membuat satu pilot project di salah satu desa di Kaltara untuk membangun desa industri.

“Kita dapat berkolaborasi dengan perusahaan yang telah beroperasi dengan bantuan dari Asperindo, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Kota. Tujuannya adalah untuk merancang upaya-upaya yang akan kita lakukan sehingga di setiap provinsi dapat dibentuk profil proyek satu desa sebagai desa industri,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam acara Munas Asprindo tahun 2023, Gubernur didampingi oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Dr. Bustan, SE., M.Si.

Even lima tahunan tersebut dibuka oleh Ketua Umum Asprindo, Jose Rizal, BBA., MBA, dan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 29 hingga 30 September 2023.

Selain Gubernur Kaltara, hadir juga narasumber lainnya seperti Dr. Rizal Ramli (Ketua Dewan Pembina Asprindo), Prof. Dr. Didin S. Damahuri, dan Jend. TNI (Purn) Fachrul Razy.

Setelah seminar, Gubernur Zainal mengunjungi gerai pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta berbelanja beberapa produk unggulan yang dijajakan dari berbagai daerah di Indonesia. (dkisp)///

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan