Ikuti Kelas COE, Mahasiswa IP UMM Magang di Kemenpan-RB dan Kemenpora

oleh
oleh

MALANG, Kaltaraaktual.com– Salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan dari Kelas Center of Excellence (CoE) Bidang Analis Pemerintahan dan Politik, bernama Muhammad Thoriq Haykal melakukan kegiatan magang sekaligus penelitian selama empat bulan di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selama kegiatan magang berlangsung, ia ditempatkan di bagian Asisten Deputi Wawasan Pemuda, Deputi Pemberdayaan Pemuda.

Adapun tugas-tugas yang biasa dikerjakan oleh Thoriq yakni membantu bagian administrasi serta proses verifikasi berkas-berkas yang dibutuhkan dalam proses kerjasama antara Kemenpora dengan lembaga lain.

“Rutinitas sehari-hari saya saat magang biasanya bertugas untuk memverifikasi kelengkapan berkas proposal permohonan bantuan dari yayasan yang masuk ke Kemenpora, pembuatan draft Perjanjian Kerjasama antara yayasan calon penerima bantuan, sekaligus melakukan visitasi ke sekretariat yayasan atau organisasi calon penerima bantuan untuk proses verifikasi berkas,” jelas Thoriq.

Tidak berhenti disitu saja, Thoriq juga menjelaskan bahwa ia terlibat secara langsung dalam berbagai project yang dilakukan oleh Kemenpora, termasuk dalam Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2023 hingga mengikuti peninjauan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

“Disini saya mendapatkan banyak pembelajaran melalui keterlibatan saya dalam berbagai project, diantaranya; kegiatan pelatihan pemuda peduli lingkungan di Balikpapan, peninjauan pembangunan Ibu Kota Nusantara, pelaksanaan peringatan HAORNAS 2023 yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga dan Menteri Pertahanan dalam hal ini mewakili Presiden Joko Widodo, kegiatan pelatihan pemuda maritim di Semarang, serta bantuan kemitraan antara Kemenpora dengan Komisi X DPR-RI,” ungkap Thoriq.

Thoriq juga menuturkan bahwa, begitu banyak pengalaman yang berkesan selama magang di Kemenpora. Ia dapat belajar dan terlibat secara langsung dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan khususnya dibidang Pemberdayaan Pemuda Republik Indonesia. Selain itu, ia dapat bertemu dan belajar banyak hal dengan orang-orang hebat di bidang pemerintahan.

Sementara itu, tiga orang mahasiswi Prodi Ilmu Pemerintahan UMM dari Kelas Center of Excellence (CoE) Bidang Analis Pemerintahan Politik yang bernama Nurmayanda, Olly Caesarya Reghina dan Resky Maharani Ma’mur, melakukan kegiatan magang sekaligus penelitian selama 4 bulan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi / Kemenpan-RB (Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, DKI Jakarta).

Selama kegiatan magang berlangsung, ke-tiga mahasiswi ini ditempatkan pada Divisi Kelembagaan dan Tata Laksana. Ke-tiga mahasiswi tersebut menuturkan bahwa selalu berusaha untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin. Sebab, ini merupakan bentuk amanah dan tanggung jawab yang luar biasa.

“Pekerjaan rutin yang biasa kami lakukan disini biasanya bersifat administratif untuk membantu tugas-tugas di unit kami, salah satunya dalam pembuatan matrikulasi perubahan usulan,” ungkap Nurmayanda.

Selain itu, salah satu mahasiswi yang bernama Resky juga memaparkan bahwa dalam kegiatan magang, ia telah banyak dilibatkan dalam berbagai forum besar untuk membahas terkait kebijakan-kebijakan tertentu.

“Khususnya di Unit Polhukam Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan-RB, keterlibatan rutin saya disini adalah sebagai notulis dalam agenda yang terkait dengan; Penataan  SOTK Tingkat K/L (Kemenkumham dan MKRI), Usulan Perubahan SOTK Tingkat K/L hingga Pemda,  Transformasi Organisasi Perangkat Daerah bersama Kemendagri,  Penyusunan Proses Bisnis Tematik Hukum dan Keamanan (bersama PPATK, BNN, Dirjen Pajak), Penyederhanaan Proses Bisnis KASN, Evaluasi Proses Bisnis BKN, serta Penginputan Terkait SP2D Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Menpan,” ungkap Resky memaparkan.

Para mahasiswi ini juga menuturkan bahwa, magang di lingkungan kerja Kemenpan-RB merupakan pengalaman yang sangat berharga. Kesempatan yang luar biasa ini tentunya bisa didapatkan ketika berkuliah di Prodi Ilmu Pemerintahan UMM.

Pada intinya prodi IP punya dua kelas COE. Analis pemerintahan politik dan kelas pemerintahan desa sehingga bisa mengikuti program magang di Kementerian tertentu seperti mahasiswa IP UMM yang mengikuti magang di Kemenpan-RB dan Kemenpora. (van/roz/*)

x

Tinggalkan Balasan