Keragaman di Bumi Intimung, Gubernur Apresiasi Pemecahan Rekor Dunia Sa’ung Terbanyak

oleh
oleh

MALINAU, Kaltaraaktual.com – Semangat keberagaman menjadi tema besar dalam pelaksanaan Irau ke 10 dan HUT ke 24 Kabupaten Malinau tahun ini. Tampak Gubernur dan Wagub Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum – Dr Yansen TP, M.Si juga ikut menghadiri agenda tahunan itu di Lapangan Pro Sehat Intimung, Sabtu (6/10/23)

Gubernur mengungkapkan rasa haru dan bangganya dalam rangkaian acara ini. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, saya sangat bangga dan berbahagia karena dapat bersilaturahmi bersama saudara-saudara dalam sausana yang hangat,”ucap Zainal (sapaan akrab Gubernur Kalimantan Utara).

Rangkaian diawali dengan acara penyambutan secara adat, lalu acara pembukaan HUT yang dihadiri oleh Bupati Malinau Wempi W. Mawa, SE., Wakil Bupati Malinau Jakaria, SE., M.Si., Perwakilan Kepala Daerah serta Tokoh Masyarakat Kabupaten Malinau.

Lalu dilanjutkan dengan pawai karnaval yang diikuti oleh seluruh etnis, paguyuban, opd, dan seluruh unsur masyarakat. Melintas didepan panggung Padan Liu’ Burung peserta berjalan kaki menggunakan sa’ung/kedabang (Topi Adat Khas adat Kalimantan) yang akan menuju ke area Kantor Kecamatan Malinau Kota.

Gubernur menilai antusiasme masyarakat mengikuti rangkaian ini sangat tinggi, terlihat dari semangat mereka mengikuti serta menyaksikan acara ini penuh semangat walaupun cuaca panas terik cukup menyengat.
“Semoga seiring bertambahnya usia ini, dapat segera terwujud Kabupaten Malinau yang mandiri, damai dan sejahtera,” tutup Zainal dalam sambutannya.

Disela-sela acara, Pemerintah Kabupaten Malinau serta para masyarakat yang turut dalam karnaval budaya dengan menggunakan kedabang/sa’ung ini mampu memecahkan rekor baru yang langsung dinilai oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Rekor Dunia. (dkisp)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan