Bupati Nunukan: Penyandang Disabilitas Punya Hak yang Sama

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Tampak senyum ceria anak-anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB) saat menyambut kedatangan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid pada acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Nunukan. Bupati Laura juga tak kalah bahagiannya bisa berinteraksi langsung dengan anak-anak yang luar biasa ini. Minggu (03/12/23).

Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023 kali ini mengusung tema, “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel, dan Berkelanjutan”.

Bupati Laura menyampaikan bahwa Peringatan Hari Disabilitas kali ini harus dijadikan momentum untuk terus memberikan perhatian dan pelayanan yang sungguh-sungguh kepada anak-anak, dan saudara-saudara yang menyandang disabilitas.

“Saya mengajak kepada seluruh instansi di Pemerintahan, BUMN-BUMD, termasuk kalangan swasta dan masyarakat untuk terus memastikan terpenuhinya hak-hak para penyandang disabilitas”. ungkapnya.

Bupati Laura juga mengatakan bahwa para penyandang disabilitas harus memperoleh kesempatan yang sama untuk mengakses pendidikan, memperolah pelatihan dan keterampilan, termasuk kesempatan untuk bekerja, memiliki karier, dan berprestasi di berbagai bidang.

“Melalui Peringatan Hari Disabilitas kali ini, saya juga ingin mengajak kepada kita semua untuk menjadikan Kabupaten Nunukan sebagai daerah yang ramah, nyaman, dab memberikan harapan bagi para penyandang disabilitas”. ujarnya.

Bupati Nunukan, dua periode ini menegaskan, para penyandang disabilitas juga harus diberikan ruang untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam hal mengakses pendidikan, memperolah pelatihan dan keterampilan.

“Kita memiliki hak yang sama, jangan ada batasan atau anggapan sebelah mata untuk penyandang memperoleh hak  pendidikan, bekerja, memiliki karier, dan berprestasi di berbagai bidang,” tegas Laura.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional kali ini menampilkan bakat-bakat dari Anak-anak penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa Negeri Nunukan.

Berbagai penampilan yang ditampilkan mulai dari Tarian Japin, pantomim, menyanyi, membatik, menggambar, serta banyak bakat lain yang mereka tampilkan.

Ada satu momen saat salah satu anak luar biasa atas nama Muhammad Arga Lestaluhu yang masih duduk di kelas 2 Sekolah Dasar menyanyikan lagu yang berjudul “Kami Terhebat”,  memukau Bupati Nunukan dan para undangan yang hadir. Tak disangka walau memiliki keterbatasan tak bisa melihat tapi Arga memiliki bakat yang luar biasa.

Banyak momen yang terekam saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Bupati Nunukan dengan sosok keibuannya bercengkrama bersama anak-anak penyandang disabilitas. Dan tampak begitu nyamannya mereka berdekatan dan berinteraksi langsung dengan Bupati Nunukan. (dwi/tus/prokompim)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan