Pengurus PWI Nunukan Periode 2023 – 2026 Resmi Dilantik

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nunukan periode 2023 – 2026 resmi dilantik oleh Ketua PWI Kalimantan Utara (Kaltara) Nicky Saputra di Aula Kantor Bupati Nunukan.

Prosesi pelantikan kepengurusan PWI Nunukan yang dinahkodai oleh Taslee, Sekretaris Taufik dan Bendahara Salma Amin itu turut disaksikan langsung oleh Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid serta seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nunukan.

Ketua Panitia Pelaksanaan Konferensi Kabupaten (Konferkab) ke-I PWI Nunukan dan Pelantikan PWI Nunukan, Alamsyah dalam laporannya menyampaikan, bahwa sebelum pelaksanaan pelantikan yang dilaksanakan, Senin (15/1/2024) sejumlah kegiatan PWI telah dilaksanakan diantaranya Konferkab ke-1 PWI Nunukan yang berlangsung pada 4 November 2023 lalu kemudian disusul pelaksanaan Orientasi Keorganisasian dan Kewartawanan (OKK) PWI Nunukan pada 18 November 2023.

“Selanjutnya kami juga telah melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PWI Nunukan pada awal Desember 2023 lalu dengan membahas sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan oleh PWI selama periode berjalan,” ujar Alamsyah.

Selain melaksanakan kegiatan di lingkup PWI Nunukan, lanjut Alamsyah, Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Nunukan juga turut andil dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Powarda) I Kaltara yang dilaksanakan pada, 15 – 17 Desember 2023. Di mana dalam keikutsertaan itu, PWI Nunukan berhasil keluar sebagai juara umum dua dengan perolehan 11 medali diantaranya empat medali emas, tiga medali perak dan empat medali perunggu.

“Untuk medali emas berhasil diraih Syafaruddin Thalib di Cabor tenis meja, Shenalen di Cabor Biliard Bola 8, Sarif Cabor Biliard Bola 9 dan Shenalen di Cabor Atletik lari 3000 meter,” ujarnya.

Dikatakan Alamsyah, suksesnya pelaksanaan tersebut tentu tidak lepas dari dukungan sejumlah sponsor yang turut serta terlibat diantarannya, Pemkab Nunukan, Ketua DPRD Nunukan, Kapolres Nunukan, Danlanal Nunukan, Waka Polres Nunukan, Bawaslu Nunukan, Yayasan LHP, BPD Kaltimtara Nunukan, KONI Nunukan, RSUD Nunukan, BRI Nunukan, Mandiri Nunukan, BNI Nunukan, Lapas Nunukan, Diskominfotik Nunukan, JOB Seimanggaris, Perumda Tirta Taka Nunukan, Pelindo Regional 4 Nunukan, Kantor Imigrasi Nunukan, ULP PLN Nunukan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltara, KNPI Nunukan, BNN Kabupaten Nunukan, CV Kebalen Jaya Sebatik, CV Mega Bintang Utama, H Batto, H Hamka, Kadis KISP Kaltara Ilham Zain, PT Nunukan Jaya Lestari, PT Nunukan Bara Sukses, H Suardi, Kasat Reskrim Polres Nunukan, H Irwan Sabri, CV Rezky Utama, Kasat Resnarkoba Polres Nunukan dan Kasi Pidsus Kejari Nunukan.

“Terima kasih kepada seluruh sponsor atas dukungannya dalam mensukseskan kegiatan dan pelaksanaan hadirnya PWI di Nunukan. Semoga kerja sama yang telah terbangun terus terjaga dan senantiasa bisa saling berkolaborasi kedepannya,” ucap Alamsyah.

Ketua PWI Nunukan Taslee dalam sambutannya mengatakan, bahwa sejatinya pembentukan PWI Nunukan telah digulirkan sejak 2018 lalu, namun dengan sejumlah kendala administrasi hingga akhirnya pada November 2023 lalu atas semangat wartawan Nunukan PWI Nunukan akhirnya terbentuknya.

“Ketika itu, saya ingat sekali bagaimana Ibu Bupati Nunukan dengan serius mendorong dan memberi dukungan. Alhamdulillah, apa yang menjadi cita-cita bersama oleh rekan-rekan jurnalis di Nunukan dapat terwujud. Tentu PWI ini diharapkan menjadi rumah bersama dalam mengaktualisasi diri dan mengembangkan kemampuan skil jurnalisme serta memberi manfaat bagi pembangunan Nunukan,” ucap Taslee.

Dijelaskan Taslee, bahwa hingga saat ini hampir 90 persen wartawan di Nunukan telah tergabung di bawah naungan PWI. Sejumlah agenda kerja periode 2023-2026 telah disusun bersama untuk menjadi panduan kinerja organisasi.  Salah satu agenda besar PWI Nunukan kedepan, lanjut Taslee, di mana PWI Nunukan bersama PWI Kaltara akan mensukseskan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Powarnas) di Kalimantan Selatan pada Agustus 2024 mendatang.

“Kami juga telah membangun komunikasi awal terhadap kerjasama dengan Persatuan Pewarta Tawau . di mana kerjasama ini dimaksudkan untuk mendorong pertukaran informasi dan pengembangan sektor industri media dengan mengusung dua topik utama yaitu Ekonomi dan Pariwisata (Ekrap). Tidak kalah penting lagi, bahwa Bupati Nunukan juga mendorong pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Nunukan,” ucapnya.

Ketua PWI Nunukan juga menitipkan jajaran pengurus SIWO Nunukan kepada KONI Nunukan agar dapat berkolaborasi dengan baik serta memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan keolahragaan nantinya.
Selain itu, Taslee juga berharap KORMI Nunukan dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) ke II Kaltara yang saat ini tengah bersaing dengan KORMI Tarakan.

“Tentu kami berharap Nunukan yang terpilih dan SIWO PWI sangat terbuka untuk diajak berkolaborasi mensukseskan agenda ini,” harapnya.

Senada dengan itu, Ketua PWI Kaltara Nicky Saputra Novianto juga berharap dengan dilantiknya PWI Nunukan dapat berkontribusi dengan Pemkab Nunukan, BUMN, BUMD, instansi vertikal di Kabupaten Nunukan khususnya di bidang kehumasan.

“Saya percaya bahwa rekan-rekan yang tergabung dalam PWI Nunukan merupakan jurnalis-jurnalis profesional yang bisa memberikan kontribusi baik di bidang jurnalistik dan kehumasan. Semoga dengan kehadiran PWI Nunukan dapat meningkatkan soliditas dan edukasi kepada masyarakat dan serta pembangunan di Kabupaten Nunukan dan Kaltara umumnya,” pungkasnya. (tim)

x

Tinggalkan Balasan