Pemprov Kaltara Serahkan Bantuan Peralatan hingga Penghargaan Adiwiyata

oleh
oleh

TARAKAN, Kaltaraaktual.com– Gubernur Kalimantan Utara, Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH., MHum secara resmi menyerahkan hibah peralatan dan pakaian kerja lapangan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan sebagai bagian dari komitmen dalam pelestarian lingkungan.

Acara penyerahan digelar di Aula UPTD Dinas Perikanan ini menjadi momentum penting dengan penyerahan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi oleh Gubernur Kalimantan Utara.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Bidang Perekonomian Kaltara, Dr. Bustan, SE., M.Si, PLT, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Rahmat Wahyullah, ST., MT, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Tengkayu II, Nurul Ridwan Yusuf, Kepala kantor Kmentrian Agama Kota Tarakan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan, Hariyanto, Anggota DPRD Kota Tarakan, Penerima Penghargaan Adiwiyata dan Peserta.

Peralatan yang diserahkan melibatkan alat-alat Kebersihan serta pakaian kerja lapangan yang memenuhi standar keselamatan. Langkah ini diambil sebagai bagian dari strategi Pemerintah Provinsi Kaltara untuk memperkuat upaya pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Utara menyampaikan apresiasi atas dedikasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan dalam melindungi dan melestarikan lingkungan serta Program Pengelolaan Sampah.

“Langkah-langkah konkret seperti ini adalah tonggak penting dalam mewujudkan visi daerah yang berkelanjutan. Dukungan Pemprov Kaltara dalam pengembangan Program Pengelolaan Sampah akan menjadi langkah besar dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menangani persoalan sampah di Kota Tarakan,”jelasnya.

Karena itu, Gubernur berharap hibah ini dapat memberikan kontribusi positif dalam mencapai target keberlanjutan lingkungan dan pengelolaan sampah. Serta mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Dengan adanya kerjasama yang erat antara Pemprov Kaltara dan DLH Kota Tarakan, diharapkan Program Pengelolaan Sampah dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi lingkungan serta kesejahteraan masyarakat setempat yang Berubah, Maju dan Sejahtera,”jelasnya.

Selain penyerahan hibah, Pemprov Kaltara juga memberikan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi sebagai pengakuan atas keberhasilannya dalam Pengelolaan Sampah dan mengintegrasikan prinsip-prinsip lingkungan hidup dalam sektor pendidikan.

Adapun penerima penghargaan Adiwiyata ini terdapat 5 sekolah dasar (SD) meliputi, Sekolah Dasar Negeri 032 Tarakan, Sekolah Dasar Negeri 008 Tarakan, Sekolah Dasar Negeri 048 Tarakan, Sekolah Dasar Negeri 023 Tarakan, Sekolah Dasar Negeri 007 Tarakan, Sekolah Dasar Islam Terpadu Muslimat 1 Tarakan.

Walikota Tarakan Melalui Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan menyambut baik penghargaan tersebut dan Menekankan bahwa ini adalah hasil kerja keras bersama masyarakat dan pihak terkait.

“Penghargaan ini mendorong kita untuk terus meningkatkan upaya pelestarian lingkungan, serta menjadikan Adiwiyata sebagai bagian integral dari pola pikir dan tindakan kita sehari-hari,” ujar Hariyanto.

Penerimaan hibah dan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi diharapkan akan memberikan dorongan positif bagi upaya pelestarian lingkungan di Kota Tarakan dan menginspirasi daerah lain untuk mengambil langkah serupa.(dkisp)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan