214.400 Bungkus Rokok Ilegal Merk Arrow dengan Pita Cukai Tidak Sesuai Peruntukan Diamankan Polisi

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri bersama  tim Dit Polairud Polda Kaltara mengamankan 214.400 bungkus rokok filter merk Arrow di dalam salah satu kontainer di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, karena pita cukainya tidak sesuai peruntukkannya, Rabu (24/01).

Dari pengungkapan dilapangan ternyata Rokok Arrow ini jenis filter, tapi dalam pita cukainya tertulis kretek, sehingga ada dugaan pemalsuan penggunaan pita cukai.

Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim,  didapati dalam Kontainer tersebut berisikan rokok merk arrow sebanyak 268 ball apabila dihitung per bungkus yaitu sebanyak 214.400 bungkus, apabila dihitung per batang yaitu sebanyak 4.288.000 batang

“Kemudian turut diamankan 1 orang inisial NF (33) sebagai perwakilan dari pemilik barang tersebut berdasarkan hasil wawancara dengan terduga, yang merupakan perwakilan dari pemilik barang bahwa rokok tersebut akan dipasarkan di wilayah Nunukan dan sekitarnya,” katanya.

Selanjutnya terduga pelaku beserta barang bukti lainnya diamankan di pelabuhan Tunon Taka Nunukan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Berdasarkan bukti permulaan yang cukup, perkenaan pasal yg digunakan yaitu pasal 29 ayat 2 a UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang perubahan UU NO 11 Tahun 1995  tentang cukai,” demikian. (hmspoldakaltara/red)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan