Penanganan Banjir Sembakung, Deputi 3 BNPB: Doakan Ibu-ibu Nanti Perjuangan Bupati Nunukan Bisa Segera Kita Tindaklanjuti

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Usai meresmikan bangunan baru di SD 002 Sembakung, Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid beserta rombongan bergeser ke dermaga speed boat Desa Atap Kecamatan Sembakung guna menyambut kedatangan Deputi 3 Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI fajar Setiawan beserta rombongan, Rabu (07/02/24).

Kunjungan kerja kali ini guna melihat langsung lokasi atau tempat tinggal masyarakat yang terdampak banjir paling parah di tahun 2023 yang lalu.

Setibanya di Desa Atap Kecamatan Sembakung seluruh rombongan bergeser ke Aula Kantor Camat Sembakung dengan agenda pertemuan dengan masyarakat dan menyalurkan bantuan berupa dana siap pakai dan  bantuan logistik dan peralatan, untuk Penanganan Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi Kabupaten Nunukan tahun 2024.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Laura berkesempatan menyampaikan sambutan singkatnya, ia mengatakan bahwa kunjungan Deputi 3 Bidang Penanganan Darurat BNPB beserta rombongan merupakan suatu kehormatan yang besar sekaligus menjadi bukti adanya perhatian yang besar dari Pemerintah Pusat kepada Masyarakat di Sembakung yang saat ini sedang mengalami musibah tanah longsor.

“Saya percaya kunjungan bapak beserta rombongan kali ini akan mampu memberikan semangat bagi kami semua dalam menghadapi situasi ini,”ujar Laura

Laura juga berkesempatan memberikan gambaran kepada rombongan terkait dengan wilayah kecamatan Sembakung yang wilayahnya berada di dataran lebih rendah dari daerah-daerah di sekitarnya.

Laura juga menjelaskan, berkaca dari pengalaman selama ini banjir yang terjadi merupakan banjir kiriman dari sungai-sungai yang ada di wilayah Malaysia, sehingga untuk menghindari banjir tersebut beberapa desa di wilayah kecamatan Sembakung sudah direlokasi oleh Pemerintah ke beberapa Daerah yang lebih tinggi.

Di akhir sambutannya Laura berharap kunjungan dari BNPB kali ini akan bisa memberikan solusi dan tindak lanjut sehingga banjir dan tanah longsor tidak terus menghantui Masyarakat di Kecamatan Sembakung.

Menyikapi hal tersebut, Deputi 3 Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI fajar Setiawan akan melakukan Verifikasi dan survei Lapangan.

“Kita akan melakukan verifikasi dan survei lapangan,  doakan ibu-ibu nanti perjuangan Bupati Nunukan bisa segera kita tindaklanjuti sehingga ibu-ibu tidak menderita berlama-lama,”jelasnya.

Usai berdialog dengan Masyarakat yang berkesempatan hadir pada acara tersebut, seluruh rombongan bergeser ke salah satu perkampungan yang sangat parah terdampak banjir yaitu Kampung Tembelunu Desa Atap, perkampungan ini posisinya sangat rendah dari perkampungan yang lainnya sehingga perkampungan ini paling sering terdampak banjir.

Usai mendengar langsung harapan Masyarakat Kampung Tembelunu dan menyalurkan bantuan, rombongan Deputi 3 didampingi oleh Bupati Laura bergeser kembali ke dermaga speed boat Kecamatan Sembakung untuk kembali melakukan perjalanan Dinas ke Kota Tarakan. (ilo/mli/tus/prokompim)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan