Sekda Nunukan Buka Sosialisasi Program Bank Kaltimtara dan Program Hak Kewajiban Taspen

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Pemerintah Daerah Kab. Nunukan Melalui BKPSDM Nunukan Bersama dengan Bank Kaltimtara Cabang Nunukan dan PT. Taspen Tarakan  Melaksanakan Sosialisasi Program dan Produk PT. Bank Kaltimtara Cabang Nunukan Serta Program Hak dan Kewajiban Taspen Bagi ASN Di Lingkungan Pemerintah Kab. Nunukan. Kamis (22/02/24).

Acara yang dilaksanakan di ruang pertemuan Sayn Resto dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Nunukan Serfianus mewakili Bupati Nunukan, Pimpinan PT. Bank Kaltimtara Kabupaten Nunukan Agus Siswanto, Branch Manager PT. Taspen Cab. Tarakan M. Ansori, Sekretaris BKPSDM Kab. Nunukan Yuliana, serta peserta Sosialisasi.

Acara sosialisasi ini diikuti oleh calon pensiun BUP (Batas Usia Pensiun) sebanyak 85 orang yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2024.

Pelaksanaan sosialisasi  ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman atas hak dan kewajiban serta manfaat program Taspen serta produk Taspen dengan Program PT. Bank Kaltimtara Cabang Nunukan sebagai salah satu mitra layanan Taspen.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kab. Nunukan menyampaikan sambutan Bupati Nunukan.

Dalam sambutan tertulis, disampaikan bahwa saat memasuki usia pensiun sebagai ASN akan memperoleh uang Taspen, gaji bulanan walau tidak sebesar seperti pada saat masih berstatus ASN aktif, serta memiliki peluang untuk mendapatkan dana-dana pensiun lain jika mengikuti program-program khusus pensiunan yang banyak ditawarkan oleh institusi keuangan dan perbankan.

“Semua itu  merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah untuk menjamin para ASN yang memasuki usia pensiun tetap bisa memiliki kehidupan yang nyaman dan sejahtera, ” ungkapnya.

Menurut Serfianus, yang sering menjadi persoalan adalah ketika para ASN yang akan memasuki masa pensiun ternyata tidak memiliki perencanaan yang matang.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, saya berharap agar kita semua sebagai ASN, benar-benar melakukan persiapan untuk menghadapi pensiun, salah satu yang bisa dilakukan oleh ASN untuk menghadapi masa pensiun adalah dengan melakukan investasi dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Serfianus juga menyampaikan bahwa, Pemerintah Daerah Kab. Nunukan bekerjasama dengan PT. Bank Kaltimtara Cabang Nunukan dan PT. Taspen melalui BKPSDM Nunukan agar program masa pensiun para ASN yang akan memasuki masa pensiun bisa dipermudah. Baik dari segi administratif, pencairan dana pensiun sehingga ASN yang memasuki masa pensiun bisa lebih dimudahkan.

Selain itu, dari PT. Bank Kaltimtara dan PT. Taspen menghadirkan inovasi dari taspen yaitu Taspen Otentifikasi dengan cara melakukan perekaman data terlebih dahulu. Yang dulunya berupa kartu identitas pensiun yang secara fisik sekarang menjadi E-karip. Sehingga E-Karip ini sudah ada datanya di mitra-mitra bayar yang sudah ditunjuk oleh para pensiunan yang mengajukan ke PT. Taspen seperti PT. Bank Kaltimtara.

Dengan adanya perekaman data bagi para ASN yang akan pensiun, maka dari PT. Bank Kaltimtara akan melakukan sistem jemput bola  bagi ASN yang berada di wilayah kecamatan-kecamatan, sehingga bisa lebih memudahkan para ASN yang akan pensiun nantinya.

Serfianus berharap kegiatan sosialisasi ini agar terus dilaksanakan setiap tahun, sehingga para ASN yang akan memasuki masa pensiun bisa terus mendapatkan informasi dan pemahaman atas hak dan kewajibannya. (dwi/tus/prokompim).

x

Tinggalkan Balasan