Bupati Laura ‘Tudang Sipulung’ bersama Warga dan Petani Sebatik

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menghadiri acara Temu Lapangan antara Pemerintah Daerah, para penyuluh dan masyarakat di Sebatik, Sabtu (18/05/24).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan  Pertanian melalui berbagai program perubahan perilaku petani yang modern dan berkelanjutan.

“Jadi ini merupakan salah satu program dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kita, yang dirangkaikan dengan kegiatan HKTI, sekaligus kita ‘Tudang Sipulung’ (duduk bersama) dengan petani di lima Kecamatan yang ada di Sebatik ini, selain silaturahmi kita dari Pemerintah Daerah ingin mendengarkan masukan dari masyarakat terkait kendala kendala yang dihadapi petani guna meningkatkan pertanian di Kabupaten Nunukan,” ujar Bupati Laura.

Usai mendengarkan  aspirasi dari para petani, Bupati Laura meminta kepada kepala dinas yang terkait untuk segera ditindak lanjuti, dan selebihnya menjadi catatan untuk dibahas di tingkat Kabupaten.

Pemerintah juga memberikan bantuan bibit padi dan pupuk kepada masyarakat yang gagal panen dan juga bantuan beras dari hasil produksi Nunukan sendiri.

“Jadi  kita memberikan bantuan  bibit dan pupuk, namun untuk pupuk saat ini kita mengalami kendala karena masih dalam perjalanan yang dimana kondisi petani sudah mau menanam,” jelas Bupati Laura.

Dalam kesempatan ini, Bupati Laura juga mengajak para petani milenial sebagai generasi muda Kabupaten Nunukan untuk menjadi petani usia 18 – 25 tahun yang telah menyelesaikan pendidikan formalnya, tidak memilih ke kota kota besar untuk bekerja, di pabrik pabrik ataupun di perusahaan.

“Sebenarnya  di bidang pertanian mempunyai peluang yang sangat besar jika tekun dan mampu mengelolanya dengan baik. Saya berharap melalui Pemerintah Kecamatan maupun Desa yang ada di Nunukan, agar mengaktifkan kembali para petani milenialnya, mengingat kebanyakan yang menjadi petani saat ini adalah mereka yang sudah sepuh, harus ada regenerasi, jangan yang bertani itu sepuh sepuh terus, tapi harus diciptakan petani muda,” pintanya.

Setelah berbincang dengan para petani, Bupati Laura bersama perwakilan Forkopimda dan para Kepala OPD terkait melakukan aktifitas penanaman padi.(ilo/tus/prokompim)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan