4 Sosok Diprediksi Maju Calon Wabup Nunukan 2024

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com– Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara  akan menggelar Pilkada 2024. Sejumlah nama tokoh-tokoh, birokrat, politisi mencuat untuk menjadi pendamping sebagai calon Wakil Bupati Nunukan.

Beberapa nama yang digadang-gadang ini ditaksir akan meramaikan bursa Pilkada 2024.

Siapa saja? simak berikut ini rangkuman dari berbagai isu dan informasi yang dihimpun tentang calon potensial maju Pilkada Nunukan tahun  2024 sebagai calon wakil bupati.

1. H.Hanafiah

Wakil Bupati Nunukan periode 2021-2024 pendamping Bupati Nunukan dua periode Hj Asmin Laura Hafid, H.Hanafiah merupakan mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) Nunukan.

Kala itu Hanafiah maju pilkada Nunukan mendampingi Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, dengan dukungan partai Hanura, Golkar, NasDem, Gerindra dan PDI-P dan mendapatkan dukungan partai pendukung dari partai non parlemen, Berkarya, Gelora dan PKB.

Namun pada pilkada Nunukan 2024  kali ini isu yang terdengar H.Hanafiah bakal di pinang mantan Bupati Nunukan H.Basri yang berpotensi dan diprediksi mendapatkan dukungan partai PKS, PAN dan Demokrat.

2. Kanain Kornelis

Anggota DPRD Nunukan periode 2019-2024, salah satu politisi Hanura, merupakan mantan kepala desa, tokoh masyarakat Kecamatan Tulin Onsoi dan Kabudaya di wilayah VI Kabupaten Nunukan, Kanain berpotensi dipinang menjadi calon wakil bupati Nunukan.

Pada pemilihan legislatif tahun 2019, Kanain Kornelis dari partai Hanura memperoleh jumlah suara 3.412.

3. H. Sura’i

H.Sura’i merupakan koordinator lembaga Adat Tidung Kabupaten Nunukan dan ketua Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Provinsi Kalimantan Utara. Sura’i lahir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan. Sosoknya sangat peduli terhadap seni dan budaya lokal yang ada di Kabupaten Nunukan, penggagas Festival Iraw Tidung Borneo Bersatu yang memperkenalkan serta melestarikan adat istiadat budaya lokal, mengundang lintas negara seperti Negara Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina.

Kemudian meniti karir sebagai ASN 21 tahun lamanya. Dirinya juga saat ini dipercaya Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nunukan. Sura’i muda juga aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, salah satunya mengikuti basic training Latihan Kader (LK) I di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang  Samarinda dan aktif sebagai pengurus, namanya diperhitungkan dan terkenal di kalangan aktivis mahasiswa kampus sampai dikancah nasional pada masanya serta kini menjadi salah pengurus MD Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Nunukan.

Motto hidup H. Sura’i,  ‘Tetap selalu berbuat untuk kebaikan masyarakat walau sekecil apapun yang kita mampu’.

4. Serfianus

Sosok Serfianus tak asing lagi di kabupaten Nunukan.  Pria yang berasal dari salah satu Kecamatan yang berada di Krayan, kabupaten Nunukan. Lahir di Tanjung Lapang, Malinau Barat, Kabupaten Malinau. Serfianus pernah menjabat Camat di Kecamatan Krayan.

Karirnya sebagai ASN  lancar, dipercaya menjabat Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Nunukan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kab.Nunukan hingga kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Nunukan dan semenjak tahun 2018 sampai saat ini juga dipercaya menempati jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan.

Serfianus juga aktif di organisasi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) kabupaten Nunukan sebagai sekretaris umum Kormi.
(****)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan