Wabup Jakaria Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

oleh
oleh

MALINAU, Kaltaraaktual.com- Wakil Bupati Jakaria, memimpin pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila (1 Juni) di halaman Kantor Bupati Malinau, pada Senin, (3/6/24).

Pada upacara ini seluruh peserta mengenakan pakaian adatnya masing-masing.

Wabup Malinau Jakaria membacakan sambutan tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

Tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ucap Jakaria.

Keberadaan Pancasila lanjutnya, merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Karena di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ujarnya.

Terlebih perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Karena itu Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” ungkapnya.

Kemudian ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tuturnya. (diskominfomln)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan