Pemprov dan Pemkab Bulungan Bahas Isu Pembangunan Rendah Karbon

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com- Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menggelar media gathering di Café Seruyuk di Jl Lembasung, Tanjung Selor pada Selasa (11/6/24) bersama sektor swasta, akademisi, masyarakat dan para jurnalis memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Dalam pertemuan, jajaran Pemprov menyampaikan beberapa hal yang telah dilakukan untuk mendorong pembangunan rendah karbon untuk masa depan yang lebih hijau  di Kaltara.

Antara lain penyusunan Perda Nomor 05 Tahun 2023 tentang Pertumbuhan Ekonomi Hijau, memberikan insentif kepada kabupaten kota melalui kebijakan Transfer Anggaran Provinsi Berbasis Ekologi, mengembangkan inisiatif penggunaan energi baru dan terbaharukan serta Kawasan Industri Hijau di Kaltara.

Sementara Sekretaris Daerah Bulungan, Risdianto menyampaikan, komitmen upaya pembangunan rendah karbon di level kabupaten melalui program Integrated Area Development (IAD) Lanskap Kayan di mana sesuai Perpres Nomor 28 Tahun 2023.

“Kawasan Lanskap Kayan meliputi 4 kecamatan dengan 18 desa dengan luas mencapai 650 ribu hektare. Terbentang dari Desa Antutan hingga Desa Long Pelban di hulu Sungai Kayan,” katanya.

“Program pembangunan berkelanjutan tersebut merupakan langkah progresif dalam mengurangi emisi karbon dan meningkatkan ketahanan lingkungan di Bulungan serta diharapkan menjadi model baru percepatan pembangunan di desa,” demikian. (prokompim)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan