40 Orang Lulus Seleksi Ikuti LK II di HMI Cabang Persiapan Nunukan

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, perdana menggelar Intermediate Training atau Latihan Kader dua (LK II) tingkat Nasional, mengangkat tema ‘Positioning HMI dalam Mewarnai Etalase NKRI’.

Ketua panitia Andi Baso mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 30 Juni – 09 Juli tahun 2024 di aula kantor BKPSDM Nunukan, peserta yang mengikuti LK II adalah mereka yang telah mengikuti Basic Training (LK I) dan proses syarat dan tahapan dari kepanitiaan.

“Ratusan peserta dari berbagai cabang di Indonesia telah mendaftar dan mengikuti seleksi, namun ada 40 orang calon peserta yang dipastikan lulus mengikuti LK II,” kata Baso mantan Ketua BEM Politeknik Negeri Nunukan ini.

Baso menjelaskan, tahapan akhir dari proses seleksi LK II ialah pengumpulan jurnal dan sebanyak 40 Peserta akhirnya dinyatakan lulus oleh Tim Steering Committe (SC) LK II Tingkat Nasional HMI Cabang Persiapan Nunukan, kelulusan tersebut berdasarkan SK SC Nomor: 001/KPTS/A/SC/12/1445.

“Berdasarkan data dari Tim Steering, disebutkan bahwa peserta yang mendaftar untuk mengikuti LK II Tingkat Nasional ini yang lulus seleksi Jurnal hanya 40 Peserta bersumber dari penilaian steering terkait jurnal yang di kirim oleh peserta,” jelasnya.

Nama-nama peserta yang akan mengikuti Intermediate Training LK II tingkat Nasional HMI Cabang Persiapan Nunukan, Kalimantan Utara tahun 2024.

Baso menambahkan, setelah pengumuman hasil kelulusan jurnal ini tahapan selanjutnya ialah registrasi peserta yang telah lulus seleksi Jurnal untuk dapat ikut serta dalam proses Screening Test pada tanggal 30 Juni – 03 Juli 2024.

“Para peserta akan diuji kemampuan pemahamannya terkait dengan Materi Keislaman, Konstitusi, Nilai Dasar Perjuangan (NDP), Mission, Sejarah HMI, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), Kepemimpinan Manajemen dan Organisasi, Wawasan Kebangsaan dan Jurnal,” tambahnya.

Adapun 40 peserta yang dinyatakan lulus berasal dari Cabang Makassar 4 Peserta, Cabang Ambon 1 Peserta, Cabang Makassar timur 6 Peserta, Cabang Samarinda 5 Peserta, Cabang Toli-Toli 1 Peserta, Cabang Gowa Raya 1 peserta Tarakan 6 peserta, Cabang palu 4 peserta dan Cabang Nunukan 12 Peserta.

Terpisah,  Ketua HMI cabang Persiapan Nunukan Muhammad Agus, menerangkan, LK II yang di bakal diselenggarakan ini mendapat apresiasi dari pemerintah kabupaten dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) khususnya Wilayah kabupaten Nunukan.

“Dikarenakan ini menjadi agenda perdana yang di lakukan, yang dimana Himpunan mahasiswa Islam di Nunukan sudah berdiri hampir 17 tahun, sehingga LK II Tingkat Nasional ini perlu kita syukuri sebagai wujud nyata dari menjaga eksistensi HMI di Bumi Penekindi Debaya Perbatasan Indonesia Malaysia,” terang Agus. (bs/*)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan