Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada, Pemkab Malinau Gelar Silaturahmi

oleh
oleh

MALINAU, Kaltaraaktual.com- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan digelar serentak di seluruh Indonesia, Pemerintah Kabupaten Malinau (Pemkab) Malinau menggelar silaturahmi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama tokoh masyarakat, agama, adat, paguyuban, organisasi masyarakat, kepala desa dan RT di Malinau.

Silaturahmi ini dilaksanakan di ruang Tebengang Kantor Bupati Malinau, pada Rabu (19/6/2024). Melalui silaturahmi ini, Bupati Malinau Wempi W Mawa,berharap segala bentuk informasi yang disampaikan narasumber dalam kegiatan ini kiranya dapat diteruskan kepada masyarakat di desa masing-masing.

Ia melanjutkan, bahwa secara khusus kegiatan silaturahmi ini sebagai bentuk persiapan menghadapi potensi-potensi gangguan yang bisa saja terjadi sebelum proses pelaksanaan hingga pasca pilkada serentak.

Karena itu, Wempi menghimbau kepada semua yang hadir untuk mempercayakan semua proses pelaksanaan pilkada serentak kepada pihak yang telah diberi kewenangan.

“Mari kita jaga, rawat, pelihara, terutama politik yang berhubungan dengan politik identitas karena masih pro dan kontra. Di satu sisi memang positif tapi jika itu berlebihan bisa menjadi negatif,” ujar Wempi.

Demikian juga dengan politik uang lanjutnya, akan menimbulkan tantangan bahkan mengganggu aspek moralitas baik bagi pemilih maupun pemimpin yang dipilih.

“Dan masih banyak potensi gangguan yang bisa mengganggu, sehingga proses penyelenggaraan pilkada tidak berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” ungkapnya.

Dengan pengalaman yang sudah dimiliki masyarakat Malinau saat pelaksanaan pemilu 2024 yang berjalan aman dan kondusif, Wempi percaya bahwa persatuan dan kesatuan yang telah dijaga dan dirawat selama ini oleh masyarakat Malinau akan menjadi kekuatan bersama saat menyambut pilkada serentak 2024 pada November mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Kesbangpol Malinau Eva Francina menerangkan maksud dari pelaksanaan silaturahmi ini ialah meningkatkan sinergitas antara pimpinan daerah dan masyarakat dalam menjaga kondisi daerah jelang pelaksanaan pilkada serentak 2024.

Melalui silaturhami ini diharapkan terbangun komunikasi masyarakat yang lebih baik antara pimpinan daerah dan masyarakat. Selain itu guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah melalui interaksi langsung maupun dialog terbuka

Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini ialah mendengarkan arahan atau paparan dari para narasumber dalam hal ini Bupati Malinau, perwakilan Polres Malinau, Dandim 0910 Malinau, Kepala Pengadilan, perwakilan Kejaksaan Negeri Malinau hingga arahan dari DPRD Malinau. Setelah mendengarkan paparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan dana hibah penanganan pilkada serentak 2024 antara Pemkab Malinau dengan Polres dan Dandim 0910 Malinau. (diskominfomln)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan