Andi M Akbar Komitmen Menata Pembangunan dari Desa

oleh
oleh
Andi M Akbar saat menghadiri acara Penyerahan Surat Keputusan Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa, di Kabupaten Nunukan, Kamis, (20/06/24). Foto:cko

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com- Bakal calon Bupati Nunukan H.Andi M Akbar Djuarzah berkomitmen membangun dan memajukan Kabupaten Nunukan melalui pembangunan dari bawah atau dari desa-desa.

Hal itu disampaikan Andi M Akbar usai menghadiri acara Penyerahan Surat Keputusan Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kamis, (20/06/24), 140 Kepala Desa dan 143 BPD di se-Kabupaten Nunukan yang diperpanjang masa jabatannya.

Menurut pria yang gemar olahraga basket ini, semua desa berkomitmen untuk mewujudkan desa yang lebih maju dan mensejahterakan rakyatnya.

“Tentu kebutuhan pembangunannya makin meningkat, makin baik lagi, dan kita membangun dari bawah (desa),” ujar Abe sapaan akrabnya.

Ia menerangkan, Kabupaten bisa maju itu karena dorongan dan pembangunan di tingkat bawah bisa terpenuhi. Selama ini kalau ada masukan-masukan dari para kepala desa di setiap desa apa saja sih yang masih harus dikerjakan dan diselesaikan, itu yang harus di kawal.

“Kalau dari desa bisa maju, linieritasnya maka Kabupaten pasti ikut maju juga. Pembangunan kita memang dari bawah, dari desa,” terangnya.

Andi M Akbar yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kalimantan Utara (Kaltara) periode 2019-2024 menjelaskan, untuk mewujudkan komitmen bersama, perlu support anggaran dari kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat untuk konektivitas antara desa dari desa satunya, baik dari sisi pembangunan infrastruktur jalanan dan sosial ekonomi yang pastinya berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat desa.

“Karena kan biasanya desa ini menyambungkan desa satu dengan desa yang satunya kan membutuhkan anggaran yang lebih, konektivitas jalan antar desa. Contoh lainnya mungkin seperti Jalan kebun, persawaan, ada yang minta lampu jalan, ada yang minta air, air embung bersih dan jalan tani  Memang masih banyak, daerah-daerah kita sangat berbeda-beda kebutuhannya kan. Peran penting ada di semua stakeholder yang berkomitmen membangun desa, membuat inovasi, serta dorongan pihak desa yang memiliki tekad kuat sehingga semuanya bisa kita wujudkan bersama,” jelasnya.

Selanjutnya, Andi M Akbar menyampaikan, setelah perpanjangan masa jabatan Kepala Desa satu periode menjadi delapan tahun, agar tetap semangat membangun desa menggunakan dana desa dengan benar, kolaborasi aktif dengan berbagai stakeholder seperti pemkab, pemprov dan kementerian terkait.

“Ini amanah yang luar biasa sekali, 8 tahun harus kita jalankan dengan baik dan pastinya amanah dari masyarakat kita khususnya di desa menitip pesan, menitip amanah, harapan yang besar buat daerahnya sendiri,” lanjutnya .

“Jadi bangunlah daerahnya sebaik mungkin dan mudah-mudahan DD-nya, penganggarannya secara administrasinya bisa lebih baik lagi, kesejahteraan perangkat desa juga lebih baik lagi, dan masyarakatnya bisa menjadi sejahtera, pembangunannya bisa dirasakan oleh masyarakat di desa itu tersendiri,” tukas Andi M Akbar.

Diketahui jumlah keseluruhan desa yang berada di Kabupaten Nunukan sebanyak 232 desa, dengan setiap karakter desa yang berbeda serta letak geografis yang terpisah-pisah.  (**)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan