Bersama Kelompok Tani, Bupati dan Wabup Bulungan Tanam Kakao Perdana di Km 57

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com- Bupati Bulungan, Syarwani dan Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala  bersama Kelompok Tani Perhutanan Sosial “Kaltara Bersatu” melakukan tanam perdana kakao di daerah Batolaga Kilometer 57 Desa Sajau, Tanjung Palas Timur pada Selasa (02/07/24).

Tercatat sebanyak 35 ribu bibit kakao yang sudah disemai untuk ditanam di lahan seluas 100 hektare lebih.

Bupati Syarwani menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas upaya yang dilakukan kelompok tani Kaltara Bersatu yang terdiri 80 KK yang berasal dari Jelarai Selor, Tanjung Selor, Tengkapak hingga dari luar daerah yaitu Toraja.

“Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan kelompok tani Kaltara bersatu mau berjuang bersama menggenjot ketahanan pangan di Bulungan,” ucapnya.

Diketahui, tanam perdana kakao di wilayah tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.9349/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/11/2022 tentang Pemberian Persetujuan Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan kepada Kelompok Tani Hutan Kaltara Bersatu seluas  lebih kurang 185 Hektare.

“Tujuan dari kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan melalui pemanfaatan potensi dalam kawasan hutan dengan skema pengelolaan perhutanan sosial,” terang orang nomor satu di Kabupaten Bulungan ini.

Bupati Syarwani berharap, kelompok tani Kaltara Bersatu dapat mengikuti jejak Desa Pejalin yang sudah melakukan hilirisasi produk kakao dalam bentuk bubuk dan batangan melalui Rumah Produksi Cokelat. (prokompim)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan