Kemeriahan Festival Jepen di Kecamatan Malinau Kota

oleh
oleh

MALINAU, Kaltaraaktual.com- Memperingati Tahun Baru Islam (1 Muharram 1446 H), Pemerintah Kecamatan Malinau Kota menggelar Festival Jepen yang dilaksanakan di pusat Kuliner, UMKM Siring Seluwing, Desa Malinau Kota, pada Minggu, (7/7/24).

Sebelum di mulai, terlebih dahulu dilaksanakan pawai ta’aruf oleh seluruh peserta, diikuti seluruh elemen masyarakat dan umum sekitar kurang lebih 1000 orang, yang dimulai dari depan Pasar Pelangi sampai pusat Kuliner UMKM Siring Seluwing.

Kegiatan ini dilepas dan dibuka secara resmi oleh Camat Malinau Kota Muhammad Yusuf, Ia berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti festival ini agar bisa khusyuk dan berkhidmat dalam berpawai. Kemudian jaga ketertiban di jalan raya hingga sampai di lokasi acara.

“Semoga kegiatan ini kedepan terus bisa kita lestarikan, menjaga dan melestarikan adat istiadat,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan panitia Ishadi melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Malinau Kota dalam menyambut tahun baru Islam.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat terus diadakan sebagai wujud syukur dan penghargaan atas tradisi serta budaya lokal yang sejalan dengan nilai-nilai Islam,” ujarnya.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal (Jepen), mempererat tali silaturahmi antar warga di wilayah Kecamatan Malinau Kota serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga tradisi dalam bingkai ajaran Islam.

Festival Jepen ini diikuti 28 grup. Dimana satu grup ada 12 orang yang dibagi menjadi beberapa kategori, pertama kategori umum 20 grup, kedua kategori pelajar 8 grup sehingga total keseluruhan peserta yang mengikuti lomba festival Jepen sebanyak 336 peserta. (diskominfomln)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan