Beranekaragam, Peserta Pawai Budaya Ada yang Berpakaian Adat Papua

oleh
oleh

NUNUKAN, Kaltaraaktual.com- Pawai Budaya yang dilaksanakan di Kecamatan Sebatik Timur merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Nunukan ke – 25 Tahun. Pawai yang berlangsung di lapangan Sepak Bola Sei Nyamuk seketika dipadati oleh masyarakat sebatik, Minggu (7/7/2024).

Mayoritas peserta pawai adalah anak-anak dan para remaja yang mengenakan pakaian adat dari suku bugis, jawa, tidung dan papua. Para peserta dengan kreatifnya menampilkan beberapa tarian dan atraksi lainnya.

Arifuddin salah satu peserta pawai yang menggunakan pakaian adat papua ini mengatakan sangat senang bisa mengikuti pawai dan dari awal sudah menyiapkan kostum meskipun tidak sama persis dengan aslinya.

“Saya sebagai masyarakat sebatik khususnya di Sei Nyamuk sangat bersyukur karena bisa diadakan rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Nunukan. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan lagi,” kata Arifuddin.

Pakaian yang menyerupai adat papua ini menggunakan tali rapia berbentuk rumbai dikenakan pada lengan tangan, leher dan pinggang sehingga berbentuk rok. Kalung yang digunakan adalah cabai merah besar, bawang merah dan terong serta wajahnya diberikan coretan putih.

Sebagai warga Sei Nyamuk, Arifuddin berharap event ini akan berlanjut terus. Tidak hanya pawai budaya akan tetapi event yang lainnya juga agar masyarakat sebatik juga bisa terus menampilkan kreativitas yang dimiliki.

“Untuk di hari ulang tahun Kabupaten Nunukan tahun ini semoga kedepannya selalu jaya dan sukses. Kegiatan-kegiatan di kecamatan juga tetap berlanjut,” harapnya.  (hm/diskominfonnk)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan