Melalui Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Bulungan Serap Produk Lokal

oleh
oleh

TANJUNG SELOR, Kaltaraaktual.com– Pemkab Bulungan menggelar sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), e-Katalog dan perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada Senin, (12/9/22).

Kegiatan berisi antara lain perhitungan TKDN bagi pelaku usaha dan UMKM yang menjadi rekanan perangkat daerah Bulungan.

Bupati Bulungan, Syarwani, menjelaskan, kegiatan bertujuan menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia,  mendorong percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, sekaligus mendorong masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

Disebutkan, penggunaan hasil produksi dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang maupun jasa yang dibiayai oleh APBN dan APBD, dipertegas dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022, tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Berdasarkan Inpres tersebut, setiap pemerintah daerah diwajibkan untuk menggunakan produk dalam negeri di dalam setiap pemenuhan kebutuhan belanja Pemerintah Daerah,” ucapnya.

Menurut Bupati Syarwani, ini merupakan upaya peningkatan ekonomi bagi pelaku usaha lokal yang tergabung dalam PPMSE (Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik) atau e-Marketplace yang dikelola oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah). Maka setiap pelaku usaha daerah dituntut untuk terus meningkatkan proses produksi dan inovasinya.

Bupati berharap, OPD (Organisasi Perangkat Daerah)  terkait dapat membantu seluruh pelaku usaha lokal untuk terus berupaya meningkatkan kegiatan produksi khususnya di Bulungan.

“Caranya antara lain yaitu dengan mengajak para rekanan atau pihak ketiga yang ada di perangkat daerah masing-masing, untuk mendaftarkan produk-produknya dalam e-Katalog yang telah disediakan oleh pemerintah, khususnya di tingkat Kabupaten Bulungan,” urainya.

Program dan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan seluruh perangkat daerah Pemkab Bulungan mempunyai peran penting dalam memacu penyerapan produk lokal.

Bupati menyambut positif kegiatan yang berisi sosialisasi dan kebijakan P3DN, perhitungan TKDN bagi pelaku usaha / UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), optimalisasi program P3DN, perhitungan TKDN dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, pengawasan program P3DN di lingkup Pemkab Bulungan, hingga on boarding Katalog Elektronik Lokal (e-Katalog Lokal) dan BELA pengadaan. (Prokompim)

Print Friendly, PDF & Email

x

Tinggalkan Balasan